Wednesday, May 22, 2024
HomeInternationalWorldJet Tempur Inggris Meluncur Lindungi Israel dari Serangan Iran

Jet Tempur Inggris Meluncur Lindungi Israel dari Serangan Iran

Media Indo Pos,London – Inggris meluncurkan jet-jet tempurnya ke Israel untuk melindungi negara Zionis itu dari serangan Republik Islam Iran. Jet-jet Inggris akan menepis serangan udara Iran ke Israel.

Dilansir dari BBC, Minggu (14/4/2024), Angkatan Udara Kerajaan Inggris (RAF) menyatakan jet-jetnya “akan mengintersep serangan udara apapun yang ada dalam jangkauan.” Demikian keterangan Kementerian Pertahanan Inggris.

Jet-jet Inggris sudah tersedia di Timur Tengah sebagai misi yang sudah dijalankan sebelum-sebelumnya. Namun sebagai tambahan, jet-jet tempur dari negara Inggris di Eropa juga meluncur ke Timur Tengah.

Menteri Pertahanan Inggris, Grant Shapps mengatakan aset-aset tambahan RAF telah dikerahkan ke kawasan tersebut, termasuk jet-jet dan tanker pengisian bahan bakar.

“Sebagai respons terhadap eskalasi di kawasan dan dalam rangka persahabatan dengan aliansi, Perdana Menteri dan saya telah mengautorisasi pengerahan aset-aset RAF tambahan. Jet-jet RAF dan tanker pengisian bahan bakar akan menguatkan Operasi Shader yang telah berlangsung, yani operasi Inggris untuk melawan Daesh (ISIS) di Irak dan Suriah,” kata Grant Shapps di akun X-nya.

Dilansir dari AFP, Perdana Menteri Inggris Rishi Sunak mengutuk tindakan “sembrono” Iran dan berjanji bahwa pemerintahannya akan “terus membela keamanan Israel”.

Serangan Iran ke Israel hari ini terjadi setelah pada 1 April lalu kantor konsulat Iran di Damaskus Suriah diserang Israel. Israel tidak pernah mengakui atau menepis serangan ke konsulat Iran tersebut. 16 Orang tewas akibat serangan itu, termasuk jenderal-jenderal Iran. Korps Garda Revolusi Islam Iran menyebut Brigadir Jenderal Mohammad Reza Zahedi dan perwira tinggi lainnya, Brigadir Jenderal Mohammad Hadi Haji Rahimi, termasuk di antara korban tewas.(Red)

Oh hi there đź‘‹
It’s nice to meet you.

Sign up to receive awesome content in your inbox, every month.

We don’t spam! Read our privacy policy for more info.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments