Tuesday, May 28, 2024
HomeInternationalWorldNetanyahu Klaim Israel Cegat Serangan Rudal-Drone Iran

Netanyahu Klaim Israel Cegat Serangan Rudal-Drone Iran

Media Indo Pos,Tel Aviv – Perdana Menteri (PM) Israel Benjamin Netanyahu menyampaikan pernyataan singkat setelah negaranya dihujani rentetan serangan drone dan rudal Iran. Netanyahu menegaskan Israel akan mampu “menang”.

“Kita mencegat, kita memukul mundur (serangan), bersama-sama kita akan menang,” tulis Netanyahu dalam pernyataan berbahasa Ibrani via akun resmi media sosial X miliknya, seperti dilansir dari Al Jazeera, Minggu (14/4/2024).

Netanyahu belum memberikan pernyataan resmi secara panjang terkait serangan Iran terhadap Israel. Namun, sebelum serangan Iran terjadi pada Minggu (14/4) dini hari, Netanyahu menyatakan negaranya siap menghadapi serangan dari Iran. Dia juga menegaskan bahwa “siapa pun yang mencelakai kami, kami akan mencelakai mereka”.

“Dalam beberapa tahun terakhir, dan khususnya dalam beberapa pekan terakhir, Israel telah bersiap menghadapi serangan langsung oleh Iran. Sistem pertahanan kami telah dikerahkan; kami siap menghadapi skenario apa pun, baik secara defensif maupun ofensif,” tegasnya.

“Negara Israel kuat. IDF (Angkatan Bersenjata Israel) kuat. Masyarakat juga kuat,” sebut Netanyahu.

“Kami telah menetapkan prinsip yang jelas: Siapa pun yang mencelakai kami, kami akan mencelakai mereka. Kami akan mempertahankan diri kami terhadap ancaman apa pun dan akan melakukannya dengan tenang dan penuh tekad,” tegasnya lagi.

Sebelumnya, juru bicara militer Israel Laksamana Muda Daniel Hagari menyebut bahwa “Rezim di Iran telah mengirimkan lebih dari 200 drone pembunuh, rudal balistik dan rudal jelajah dalam jumlah besar”.

Hagari sebelumnya menyebut seorang bocah perempuan mengalami luka-luka dalam serangan tersebut. Dia juga menyebut bahwa beberapa rudal Iran yang jatuh di wilayah Israel menyebabkan kerusakan kecil pada pangkalan militer mereka, namun tidak ada laporan korban jiwa sejauh ini.

Diklaim oleh militer Israel bahwa sebagian besar rudal itu berhasil dicegat dan dihancurkan sebelum masuk ke perbatasan Israel. Disebutkan juga bahwa puluhan jet tempur Israel dikerahkan untuk mencegat “semua ancaman udara” yang mendekati wilayahnya.

Sementara Iran menegaskan bahwa rentetan serangan udara yang dilancarkan terhadap wilayah Israel itu merupakan respons terhadap apa yang disebutnya sebagai “tindakan agresif rezim Zionis terhadap Kedutaan Besar Iran di Damaskus” — merujuk pada serangan Tel Aviv di Suriah pada awal bulan ini.

Iran juga menyebut serangannya terhadap Israel sebagai “pertahanan diri yang sah” berdasarkan Piagam Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).(Red)

Oh hi there đź‘‹
It’s nice to meet you.

Sign up to receive awesome content in your inbox, every month.

We don’t spam! Read our privacy policy for more info.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments