Monday, May 27, 2024
HomeInternationalWorldPuji Aksi Iran, Hizbullah Sebut Awal Fase Baru Konflik dengan Israel

Puji Aksi Iran, Hizbullah Sebut Awal Fase Baru Konflik dengan Israel

Media Indo Pos,Jakarta – Kelompok militan Hizbullah di Lebanon memuji Iran atas serangan misil dan drone yang ditembakkan ke Israel pada Minggu (14/4). Hizbullah menyebut ini sebagai awal dari “fase baru” konflik dengan Israel, serta perjuangan atas Palestina.

“Operasi tersebut justru mencapai tujuan militernya, meskipun ada keterlibatan Amerika Serikat, sekutunya, dan alat regionalnya dalam menanggapi serangan menakjubkan tersebut,” demikian pernyataan Hizbullah, pasca serangan Iran.

“Tujuan politik dan strategis jangka panjang besar ini akan terlihat jelas seiring berjalannya waktu,” lanjut Hizbullah, dilansir dari Associated Press.

Selain Hizbullah, kelompok Houthi di Yaman juga mendukung aksi Iran terhadap rezim Zionis. Dalam pernyataannya, Houthi mengatakan serangan rudal dan pesawat tak berawak Iran terhadap Israel adalah “tindakan sah” yang dilakukan, sebagai tanggapan atas serangan udara Israel ke konsulat Iran di Suriah awal April ini.

“Israel tidak akan bisa lepas dari kejahatannya tanpa hukuman,” ujar juru bicara Houthi, Mohamed Abdel Salam.

Sementara itu Kementerian Luar Negeri Afghanistan yang dikuasai Taliban, juga menyatakan dukungannya ke Iran.

“Sebagai tanggapan terhadap Republik Islam Iran yang menggunakan hak sahnya untuk membela diri tadi malam. Israel mengalihkan perhatian dunia dari genosida terhadap lebih dari 33 ribu warga sipil di Gaza, dengan memperluas provokasi yang bertujuan memperluas ketidakamanan regional,” kata pemerintah Taliban.

Taliban jug menyerukan kepada semua negara berpengaruh di dunia dan regional, untuk mempercepat upaya menghentikan rezim Zionis dari eskalasi krisis lebih lanjut.

Pemerintah Iran mengklaim serangan udara ke Israel pada akhir pekan ini merupakan bentuk perlawanan terhadap serangan ilegal dan genosida rezim Zionis terhadap Palestina.

Kementerian Luar Negeri Iran menyatakan tindakan defensif mereka itu ialah untuk membela diri sekaligus menunjukkan sikap Iran dalam perdamaian dan keamanan regional serta internasional.

“Tindakan defensif Republik Islam Iran dalam menjalankan haknya untuk membela diri menunjukkan pendekatan bertanggung jawab Iran terhadap perdamaian dan keamanan regional dan internasional pada saat tindakan ilegal dan genosida yang dilakukan oleh rezim apartheid Zionis terhadap bangsa Palestina,” kata Kemlu Iran dalam siaran pers, Minggu (14/4).

Kemudian, Iran juga menyebut serangan ke Israel itu sebagai pembalasan atas serangan militer Israel terhadap kantor konsulat Iran di Damaskus, Suriah pada awal April lalu.(Red)

Oh hi there đź‘‹
It’s nice to meet you.

Sign up to receive awesome content in your inbox, every month.

We don’t spam! Read our privacy policy for more info.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments