Monday, May 20, 2024
HomeBerita NasionalKetua Bawaslu Instruksikan Jajaran untuk Bersiap Pindah ke IKN

Ketua Bawaslu Instruksikan Jajaran untuk Bersiap Pindah ke IKN

Media Indo Pos,Jakarta – Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), Rahmat Bagja, mengingatkan jajarannya untuk bersiap-siap pindah ke Ibu Kota Nusantara (IKN). Bagja mengatakan kemungkinan Bawaslu pindah ke IKN pada 2029 mendatang.

“Kepada para ASN dan para staf siap-siap juga yang ada di Bawaslu RI kemungkinan kita pindah 2027 ke atas ada, kemungkinan itu ada nanti di IKN, mungkin 2029 kita yang paling akhir,” kata Bagja kepada jajaran saat memberi amanat pada Apel Peringatan HUT ke-16 Bawaslu di kantor Bawaslu, Jakarta Pusat, Selasa (16/4/2024).

Bagja mengatakan biasanya penyelenggara pemilu, baik Bawaslu maupun KPU pindah paling terakhir karena harus merampungkan pemilihan kepala daerah. Namun, dia meminta agar para ASN maupun PPPK di lingkungan Bawaslu agar tidak mengajukan permohonan pindah.

“Teman-teman Badan Pengawas Pemilu dan Komisi Pemilihan Umum adalah yang paling akhir biasanya karena kita melakukan persiapan setelah Pilkada dan juga persiapan perubahan organisasi pada saat nanti UU 7/2017 diubah,” ujarnya.

“Jangan sampai setelah ini ada permohonan ke Pak Sekjen dan Pak Deputi Administrasi permohonan untuk pindah ke Bawaslu DKI Jakarta dan Bawaslu sekitar DKI jakarta dari teman-teman ASN semua dan P3K, kami minta jangan seperti itu,” tambah dia.

Di sisi lain, Bagja juga mengimbau jajarannya untuk bersiap akan agenda terdekat yakni Pilkada. Dia meminta agar pengawasan dilakukan sejak perekrutan badan ad hoc KPU.

“Komisioner dan staf harus mengawasi baik, harus mengawasi rekrutmen ataupun seleksi yang diadakan oleh KPU dalam merekrut panitia kecamatan, panitia pemilihan di tingkat desa dan juga ke depan untuk KPPS,” pungkasnya.

Sebagaimana diketahui, dalam ketentuan peraturan perundang-undangan, Pilkada serentak bakal dilaksanakan pada bulan November mendatang.(Red)

Oh hi there đź‘‹
It’s nice to meet you.

Sign up to receive awesome content in your inbox, every month.

We don’t spam! Read our privacy policy for more info.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments