Monday, May 20, 2024
HomeInternationalWorldNetanyahu: Israel Akan Putuskan Cara Balas Iran

Netanyahu: Israel Akan Putuskan Cara Balas Iran

Media Indo Pos,Tel Aviv – Perdana Menteri (PM) Israel Benjamin Netanyahu menegaskan negaranya akan mengambil keputusan sendiri soal cara merespons serangan Iran. Netanyahu mengabaikan seruan negara-negara Barat agar Tel Aviv menahan diri untuk tidak membalas serangan dari Teheran.

Seperti dilansir dari Reuters, Kamis (18/4/2024), Israel bersumpah untuk membalas serangan udara Iran, namun tanpa mengatakan kapan atau bagaimana. Hal itu membuat kawasan Timur Tengah waspada menghadapi eskalasi lebih lanjut usai berbulan-bulan diselimuti perang Gaza.

Sekutu-sekutu Israel telah mendesak negara Yahudi itu untuk menahan diri terhadap tindakan apa pun yang bisa berdampak buruk. Amerika Serikat (AS), Uni Eropa, dan negara-negara industri anggota G7 bahkan mengumumkan rencana mempertimbangkan sanksi lebih ketat terhadap Iran. Langkah itu dipandang bertujuan untuk menenangkan dan membujuk Israel agar membatalkan rencana balas dendam terhadap Iran.

Seruan menahan diri dari negara-negara Barat itu diperkuat dengan kunjungan Menteri Luar Negeri (Menlu) Inggris David Cameron dan Menlu Jerman Annalena Baerbock ke Israel pada Rabu (17/4) waktu setempat.

Netanyahu menemui kedua Menlu yang datang berkunjung ke Israel itu dan menyampaikan terima kasih atas dukungan kedua negara. Namun, menurut kantor PM Israel, Netanyahu juga menegaskan bahwa Israel akan memutuskan sendiri soal bagaimana merespons serangan Iran, terlepas adanya “segala macam anjuran dan saran” dari sekutu-sekutu Israel, termasuk AS, Inggris dan Prancis yang membantu mencegat serangan drone dan rudal Teheran.

“Saya ingin memperjelas: Kami akan mengambil keputusan sendiri. Negara Israel akan melakukan segala hal yang diperlukan untuk mempertahankan diri,” tegas Netanyahu.

Rentetan serangan drone dan rudal Iran terhadap Israel, pada Sabtu (13/4) malam hingga Minggu (14/4) dini hari lalu, sebagian besar ditembak jatuh oleh sistem pertahanan rudal Tel Aviv dan sekutu-sekutunya. Tidak ada laporan korban tewas akibat serangan itu.

Namun Israel menegaskan mereka harus melakukan tindakan balasan untuk menjaga kredibilitas. Iran sendiri mengatakan pihaknya menganggap serangannya sudah selesai dan memperingatkan Tel Aviv untuk tidak membalas jika tidak ingin menuai respons yang lebih besar dari Teheran.

Meskipun memiliki retorika yang keras, menurut Associated Press, Israel tampaknya tidak akan menyerang Iran secara langsung tanpa setidaknya dukungan dari sekutu utamanya, AS.

Namun Tel Aviv bisa menggunakan metode yang lebih rahasia seperti menargetkan komandan senior Iran atau kelompok yang didukung Iran di negara-negara lainnya, atau melancarkan serangan dunia maya.

Tidak diketahui jelas bagaimana Iran akan merespons serangan balasan Israel, mengingat ketegangan yang meningkat di kawasan — di mana setiap miskalkulasi oleh kedua belah pihak berisiko memicu perang regional.(Red)

Oh hi there đź‘‹
It’s nice to meet you.

Sign up to receive awesome content in your inbox, every month.

We don’t spam! Read our privacy policy for more info.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments