Tuesday, May 21, 2024
HomeBerita JatimBanjir Lahar Dingin Gunung Semeru, 2 Warga Lumajang Tewas 

Banjir Lahar Dingin Gunung Semeru, 2 Warga Lumajang Tewas 

Media Indo Pos,Lumajang – Banjir lahar dingin Gunung Semeru terjadi di kawasan Lumajang, Jawa Timur. Kondisi itu mengakibatkan dua orang meninggal dunia.

“Data yang kami himpun hingga pukul 12 siang ini, ada dua korban meninggal dunia karena banjir lahar dingin. Ada satu lagi warga meninggal akibat longsor Lumajang,” kata Kalaksa BPBD Jatim Gatot Soebroto, dilansir dari detikJatim, Jumat (19/4/2024).

Dua warga yang meninggal dunia akibat banjir lahar dingin adalah Bambang, laki-laki berusia 50 tahun, dan Ngatini, perempuan berusia 47 tahun. Keduanya merupakan warga Dusun Jurang Geger RT 14 RW 07, Desa Kloposawit, Kecamatan Candipuro, Lumajang. Saat ini, banjir lahar dingin sudah surut di semua titik banjir. Pengungsi pun telah kembali ke kediaman masing-masing.

“Para pengungsi sudah kembali ke rumah masing-masing dan saat ini melakukan pembersihan. Dari pihak Dinsos mendistribusikan nasi ke warga terdampak,” jelasnya.

Gatot membeberkan dampak akibat banjir lahar dingin yang terjadi semalam.

“Total ada 495 keluarga yang terdampak akibat banjir lahar dingin. Kemudian ada 6 jembatan yang rusak, 5 hewan mati, serta 1 unit fasum, yakni wisata pemandian Tirtosari, yang rusak. Kita masih lakukan pendataan utuh, termasuk jika ada rumah warga yang rusak,” ungkapnya.(Red)

Oh hi there 👋
It’s nice to meet you.

Sign up to receive awesome content in your inbox, every month.

We don’t spam! Read our privacy policy for more info.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments