Thursday, May 23, 2024
HomeInternationalWorldKorea Utara Kembali Terdeteksi Luncurkan Rudal Balistik

Korea Utara Kembali Terdeteksi Luncurkan Rudal Balistik

Media Indo Pos,Pyongyang – Korea Utara (Korut) kembali terdeteksi meluncurkan rudal balistik dari wilayahnya pada Senin (22/4) waktu setempat. Rudal balistik Pyongyang itu dilaporkan ditembakkan ke wilayah perairan lepas pantai timur wilayahnya.

Seperti dilansir dari Reuters, Senin (22/4/2024), aktivitas peluncuran terbaru Korut itu dilaporkan oleh militer Korea Selatan (Korsel) dan pemerintah Jepang, yang bertetangga dengan negara terisolasi tersebut.

Militer Israel, dalam laporannya, menyebut rudal balistik terdeteksi ditembakkan oleh Korut ke arah lepas pantai timur negara tersebut.

Pemerintah Jepang dan otoritas penjaga pantai setempat, dalam peringatan terpisah, mengumumkan Pyongyang telah menembakkan proyektil yang diduga sebuah rudal balistik. Proyektil tersebut, menurut laporan televisi pemerintah NHK, tampaknya terjatuh di luar area zona ekonomi eksklusif Jepang.

Televisi terkemuka Jepang lainnya, NTV, yang mengutip seorang pejabat pemerintahan setempat melaporkan proyektil yang diluncurkan Korut merupakan rudal balistik jarak dekat. Pemerintah Seoul dan Tokyo belum merilis pernyataan lebih lanjut.

Aktivitas peluncuran terbaru Korut ini dilakukan setelah pekan lalu, Pyongyang meluncurkan rudal jelajah strategis untuk menguji coba hulu ledak berukuran super besar, dan menguji rudal antipesawat terbaru.

Pada awal bulan ini, Korut meluncurkan rudal hipersonik terbaru sebagai bagian dari program pengembangan rudal berbahan bakar solid untuk semua jenis persenjataannya.

Peluncuran semacam itu jelas merupakan pelanggaran oleh Korut terhadap resolusi Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) yang melarang pengembangan rudal balistik. Pyongyang sebelumnya menolak resolusi tersebut yang dianggap melanggar hak kedaulatannya untuk mempertahankan diri.(Red)

Oh hi there đź‘‹
It’s nice to meet you.

Sign up to receive awesome content in your inbox, every month.

We don’t spam! Read our privacy policy for more info.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments