Monday, May 20, 2024
HomeBerita NasionalJokowi Resmikan 147 Rekonstruksi Bangunan Pascagempa dan 3 Jalan

Jokowi Resmikan 147 Rekonstruksi Bangunan Pascagempa dan 3 Jalan

Media Indo Pos,Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan 147 rekonstruksi bangunan pascagempa dan 3 ruas jalan sepanjang 22,4 km di Mamuju, Sulawesi Barat. Total pembangunan itu menghabiskan anggaran Rp 1,31 triliun.

“Rehabilitasi dan rekonstruksi infrastruktur yang kita bangun di Mamuju, pada umumnya di Sulawesi Barat ini atas instruksi dan perintah langsung yang saya sampaikan pada gempa yang lalu. Ini dibangun, ini dibangun, ini dibangun. Saya lihat tadi alhamdulillah sudah selesai. Hanya kurang gedung DPRD dan satu masjid,” kata Jokowi dalam peresmian seperti dilihat di YouTube Sekretariat Presiden, Selasa (23/4/2024).

Jokowi menyebut total anggaran rekonstruksi bangunan dan jalan daerah itu menghabiskan Rp 1,31 triliun. Ke-147 bangunan itu terdiri dari perkantoran, fasilitas pendidikan, hingga rumah susun.

“(Sebanyak) 147 unit bangunan dan infrastruktur yang telah direhab dan direkonstruksi itu adalah 47 bangunan perkantoran, 29 fasilitas kesehatan, 43 fasilitas pendidikan termasuk di SMK 1 Rangas ini, 1 gedung peribadatan, 1 fasilitas olahraga, 7 rumah susun, 2 rumah adat, dan 17 prasarana air minum,” ujarnya.

Jokowi lantas mendapat keluhan terkait pembangunan SMK 1 Rangas yang belum lengkap. Ke depan, Jokowi akan memperlengkap fasilitas yang belum ada.

“Saya melihat di SMK 1 Rangas ini bangunannya baik nggak? Dibanding yang sebelumnya lebih baik apa lebih bagus? Tapi tadi pak kepala sekolah menyampaikan ke saya, pak ini masih kurang, anak-anak butuh asrama, karena banyak yang tinggal jauh dari sekolah, sehingga harus banyak yang tersebar ngekos di sekitar sekolah,” ujarnya.

“Ya nanti ntar lagi akan kita bangun asramanya. Atas permintaan kepala sekolah, ibu bupati dan juga pak gubernur. Termasuk nanti siang tadi ada permintaan karena di tempat praktik yang ada hanya mobil yang manual lama. Padahal sekarang sudah banyak dan zamannya mobil listrik sehingga perlu praktik di dalam mobil listrik itu isinya apa, siang ini saya kirim mobil listrik, untuk praktek, bukan untuk dikendarai,” lanjut Jokowi.(Red)

Oh hi there đź‘‹
It’s nice to meet you.

Sign up to receive awesome content in your inbox, every month.

We don’t spam! Read our privacy policy for more info.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments