Wednesday, May 22, 2024
HomeSportAkademi Garudaku dan PB ESI Kembangkan Esports di Pedesaan

Akademi Garudaku dan PB ESI Kembangkan Esports di Pedesaan

Media Indo Pos,Jakarta – Indonesia terus menggali potensi atlet-atlet Esports di seluruh penjuru Tanah Air. Baru saja dilakukan program yang melibatkan 420 pelajar di pedesaan.

Akademi Garudaku dan Pengurus Besar Esports Indonesia (PB ESI) bekerjasama dengan MOONTON Cares dan Hope Cup lagi menjalankan program untuk mensejahterakan siswa-siswi di sekolah-sekolah pedesaan yang terbesar di Jawa Barat dan Jawa Timur, melalui Mobile Legends: Bang Bang.

Sinergi ini juga dilakukan demi mengembangkan potensi Esports Tanah Air melalui program peningkatan kompetensi talenta-talenta dari dunia pendidikan.

Komitmen tersebut diwujudkan dalam sebuah program ekstrakurikuler Esports bagi 420 pelajar di 14 sekolah tingkat SMP dan SMA/sederajat yang tersebar hingga ke wilayah perdesaan di Jawa Barat dan Jawa Timur.

Melalui program ekstrakurikuler Esports yang dirancang lewat kolaborasi triple-helix Akademi Garudaku-Moonton Cares-Hope Cup, para pelajar dapat belajar tentang nilai-nilai sportivitas, keterampilan, teamwork, kedisiplinan, mental dan karakter, hingga kepemimpinan melalui gim Mobile Legends: Bang Bang (MLBB).

Program ini juga menghadirkan dukungan konektivitas internet kepada sekolah-sekolah yang menjadi mitra program ekstrakurikuler bersama dengan Akademi Garudaku, Moonton Cares, dan Hope Cup. Dengan dukungan konektivitas tersebut, program ekstrakurikuler Esports di 14 SMP dan SMA atau yang sederajat dapat terselenggara dengan akseleratif.

Adapun sekolah-sekolah di Jawa Timur yang menjadi mitra program ini adalah MTSN 4 Malang, SMK Cendekia Bangsa Malang, SMAN 1 Bululawang, SMAN 1 Gondanglegi, SMAN 1 Tumpang, SMAN 1 Turen dan SMK Diponegoro Tumpang. Sedangkan di Jawa Barat, sekolah-sekolahnya adalah SMPN 1 Cimahi, SMAN 1 Cimahi, SMA Pasundan 3 Cimahi, SMK Pasundan 3 Cimahi, SMK Pusdikhubad Cimahi, SMKN 2 Cimahi, dan SMK Wiraswasta Cimahi.

Bentuk kerja sama ini akan diimplementasikan di Week 4 MPL Indonesia (29 – 31 Maret 2024) hingga Week 6 (26 – 28 April 2024) MPL ID S13. MOONTON Cares dan Hope Cup akan mendonasikan sejumlah uang tunai dengan perhitungan total gold yang diperoleh seluruh tim di setiap pertandingan MPL ID dikali 30. Contoh, total Gold yang diperoleh oleh seluruh tim dari Week 4 sampai Week 6 adalah 10 Juta Gold, maka Moonton Cares bersama Hope Cup akan mendonasikan Rp 300 juta.

“Untuk menjadi atlet berprestasi internasional yang mampu mengharumkan nama Indonesia tidak cukup hanya berbekal keterampilan teknis, namun juga harus punya mental dan semangat bela negara yang tinggi. Program ekstrakurikuler ini diharapkan mampu menjadi salah satu kawah candradimuka yang akan melahirkan pahlawan-pahlawan Esports Indonesia di masa mendatang,” ujar Sekjen PBESI Frenky Ong dalam rilis kepada awak media.

“Kami bersyukur dapat bermitra dengan MOONTON Cares dan Hope Cup untuk program ini karena kami telah melihat secara langsung bagaimana MLBB Esports dapat berdampak positif pada kehidupan para pelajar. Siswa-siswi di pedesaan kurang memiliki paparan terhadap Esports, namun memiliki semangat yang sama dengan pelajar dari kota-kota besar,” timpal Head of Academy Esports Garudaku Robertus Aditya.

Program ekstrakurikuler Garudaku bertujuan untuk menyampaikan keterampilan dan pengetahuan yang berharga dengan menggunakan media Esports. Modul seperti sportivitas, pengembangan fisik dan mental, manajemen acara, organisasi turnamen, dan pembuatan konten adalah keterampilan yang berharga dan dapat ditransfer kepada para siswa.

Sementara itu, Direktur Aura Esports sekaligus penyelenggara Hope Cup Daniel Santoso mengatakan, kerjasama ini diharapkan dapat membawa kebaikan yang lebih besar kepada masyarakat Indonesia melalui MLBB Esports.

“Banyak dari pemain kami yang menjadi panutan bagi generasi muda dan merupakan tanggung jawab kami untuk mencontohkan nilai-nilai seperti sportivitas, rasa hormat, dan amal. Hope Cup akan terus kami lanjutkan, jadi nantikan Hope Cup selanjutnya yang akan datang di musim-musim mendatang,” ujar Daniel.

Di akhir periode nanti, MOONTON Cares dan Hope Cup akan mengumumkan jumlah dana yang disumbangkan untuk program ini. Semakin banyak gold yang dikumpulkan oleh tim, semakin banyak yang bisa dilakukan untuk sekolah-sekolah pedesaan di Jawa Timur dan Barat.(Red)

Oh hi there đź‘‹
It’s nice to meet you.

Sign up to receive awesome content in your inbox, every month.

We don’t spam! Read our privacy policy for more info.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments