Thursday, May 23, 2024
HomeInternationalWorldHamas Luncurkan Roket dari Lebanon ke Israel

Hamas Luncurkan Roket dari Lebanon ke Israel

Media Indo Pos,Jakarta – Sayap bersenjata kelompok Hamas mengatakan bahwa para anggotanya di Lebanon selatan pada Senin (29/4) meluncurkan serangkaian roket ke posisi militer Israel di Israel utara. Ini dilakukan seiring pertempuran terus berkecamuk di Jalur Gaza.

Setelah serangan Hamas pada 7 Oktober terhadap Israel yang memicu perang di Gaza, sekutu kuatnya di Lebanon, Hizbullah, hampir setiap hari saling baku tembak dengan pasukan Israel di seberang perbatasan.

Faksi-faksi Palestina dan kelompok sekutu lainnya di Lebanon juga terkadang mengaku melakukan serangan. Para petempur Hamas “telah menembakkan serangan roket terkonsentrasi dari Lebanon selatan menuju posisi militer Israel,” kata Brigade Ezzedine al-Qassam dalam sebuah pernyataan di Telegram, seperti dilansir dari AFP, Senin (29/4/2024).

Sayap bersenjata Hamas itu menggambarkan tindakan tersebut sebagai “tanggapan terhadap pembantaian musuh Zionis (Israel)” di Gaza dan Tepi Barat yang diduduki.

Sementara itu, militer Israel mengatakan kepada media bahwa “sekitar 20 peluncuran melintasi Lebanon ke wilayah Israel” tetapi mereka berhasil mencegat sebagian besar roket dan menyerang “sumber serangan”.

“Tidak ada korban luka atau kerusakan yang dilaporkan,” kata militer Israel.

Serangan roket terbaru ini terjadi ketika para perunding Hamas tiba di Mesir pada hari Senin, di mana mereka dijadwalkan untuk menanggapi proposal terbaru Israel untuk gencatan senjata di Gaza dan pembebasan sandera.

Sebelumnya pada tanggal 21 April, Brigade Qassam mengklaim serangan roket ke Israel utara. Di Lebanon, setidaknya 385 orang tewas dalam kekerasan lintas-perbatasan selama berbulan-bulan, sebagian besar adalah militan tetapi juga 73 warga sipil, menurut penghitungan AFP.

Penghitungan tersebut mencakup setidaknya 11 petempur Hamas. Israel mengatakan 11 tentara dan sembilan warga sipil tewas di sisi perbatasannya. Puluhan ribu orang telah mengungsi di kedua sisi.(Red)

Oh hi there đź‘‹
It’s nice to meet you.

Sign up to receive awesome content in your inbox, every month.

We don’t spam! Read our privacy policy for more info.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments