Monday, May 20, 2024
HomeBerita NasionalDewas KPK Panggil Ghufron di Sidang Etik Kasus Kementan 2 Mei

Dewas KPK Panggil Ghufron di Sidang Etik Kasus Kementan 2 Mei

Media Indo Pos,Jakarta – Dewan Pengawas (Dewas) KPK akan menggelar sidang etik terkait kasus dugaan penyalahgunaan wewenang Wakil Ketua KPK Nurul Ghufron dalam proses mutasi pegawai di Kementerian Pertanian (Kementan). Ghufron akan diperiksa pada sidang yang digelar lusa.

“Dia (Nurul Ghufron) kan terlapor,” kata anggota Dewas KPK Albertina Ho, saat menjawab pertanyaan tentang apakah Nurul Ghufron ikut diperiksa, di Gedung ACLC KPK, Jakarta Selatan, Selasa (30/4/2024).

Dewas KPK mengaku belum menerima konfirmasi kehadiran Ghufron dalam sidang pada Kamis (2/5) mendatang. Dia mengatakan majelis sidang akan berunding terkait kelanjutan sidang jika pimpinan KPK tersebut tidak hadir.

“Ya kalau dia nggak datang nanti majelisnya berunding seperti apa nanti,” ujar Albertina.

Ghufron dilaporkan atas dugaan membantu pegawai Kementan inisial ADM mutasi ke Malang, Jawa Timur. Dewas masih enggan membeberkan dugaan adanya komunikasi yang turut dilakukan Ghufron dengan pihak Kementan yang berstatus berperkara di KPK. “Nanti dalam pemeriksaan di sidang. Ini kan belum sidang,” singkat Albertina.

Ghufron Minta Pegawai Kementan Dimutasi ke Malang
Kasus dugaan penyelewengan kewenangan jabatan yang dilakukan Wakil Ketua KPK Nurul Ghufron dalam proses mutasi pegawai di Kementerian Pertanian (Kementan) tengah bergulir. Dewas KPK mengatakan telah mengantongi bukti sehingga kasus itu naik ke tahap sidang etik.

“Menurut Dewan Pengawas dilihat cukup bukti lah kita lanjutkan ke sidang etik,” kata anggota Dewas KPK Albertina Ho di Gedung ACLC KPK, Jakarta Selatan, Jumat (26/4).

Albertina memang belum memerinci soal bukti yang telah dikantongi Dewas KPK dalam kasus etik Ghufron tersebut. Namun, ia menyebut ada riwayat komunikasi yang terjadi antara Ghufron dan pihak Kementan.

Dia mengatakan Nurul Ghufron diduga pernah meminta seorang pegawai di Kementan yang bekerja di Jakarta dimutasi ke daerah Jawa Timur. “Dia itu meminta untuk memindahkan salah seorang pegawai dari Kementerian Pertanian di pusat ini ke Jawa Timur, ke Malang,” jelas Albertina.(Red)

Oh hi there đź‘‹
It’s nice to meet you.

Sign up to receive awesome content in your inbox, every month.

We don’t spam! Read our privacy policy for more info.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments