Monday, May 20, 2024
HomeInternationalWorldICC Disebut Akan Rilis Perintah Tangkap Bos Hamas

ICC Disebut Akan Rilis Perintah Tangkap Bos Hamas

Media Indo Pos,Jakarta – Mahkamah Internasional (ICC) disebut akan merilis surat perintah penangkapan untuk pemimpin Hamas. ICC sebelumnya dikabarkan akan menerbitkan surat penangkapan untuk Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu dan beberapa pejabat lain.

Sumber pemerintah Israel dan pejabat asing meyakini bahwa ICC juga akan merilis surat penangkapan untuk pemimpin Hamas, demikian dikutip dari New York Times, Minggu (28/4).

Namun, sejauh ini tak ada informasi tuduhan apa yang kemungkinan bakal dilayangkan ICC ke pemimpin Hamas. ICC belakangan ini menjadi sorotan usai disebut-sebut bakal merilis surat penangkapan untuk Netanyahu, Menteri Pertahanan Israel Yoav Gallant hingga Kepala Staf Pasukan Pertahanan (IDF) Herzi Halevi pada pekan ini.

Pengadilan tinggi internasional menyatakan akan melakukan investigasi terkait insiden 7 Oktober.

“[ICC] akan secara tak memihak untuk mencari bukti dan membela hak-hak korban bagi mereka yang ada di Israel atau Palestina,” kata ketua jaksa ICC Karim Khan.

Rencana surat penangkapan ke Netanyahu Cs muncul karena agresi brutal Israel di Gaza sejak Oktober 2023. Selama agresi, mereka menggempur habis-habisan warga dan objek sipil seperti rumah sakit hingga tempat ibadah.

Hingga kini, lebih dari 34.000 warga di Palestina meninggal, mayoritas anak-anak dan perempuan. Namun, Netanyahu disebut meminta bantuan Amerika Serikat untuk turun tangan agar ICC tak mengeluarkan perintah penangkapan.(Red)

Oh hi there đź‘‹
It’s nice to meet you.

Sign up to receive awesome content in your inbox, every month.

We don’t spam! Read our privacy policy for more info.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments