Monday, May 20, 2024
HomeInternationalWorld3 Penerbangan dari Singapura Batal Imbas Erupsi Gunung Ruang

3 Penerbangan dari Singapura Batal Imbas Erupsi Gunung Ruang

Media Indo Pos,Jakarta – Sekitar tiga penerbangan dari Bandara Internasional Changi Singapura dibatalkan pada Rabu (1/5), imbas erupsi Gunung Ruang di Sulawesi Utara. Dilansir dari Straits Times, tiga penerbangan dari bandara tersebut dibatalkan akibat erupsi tersebut.

Tiga penerbangan itu merupakan maskapai Scoot Air yang akan terbang ke rute Balikpapan, Manado, dan Kuching. Perjalanan tersebut berencana berangkat dari Changi pukul 7.55 hingga 9.25 pagi waktu setempat.

Erupsi yang terjadi di Gunung Ruang telah berlangsung sejak Kamis (16/4). Fenomena hebat tersebut mengakibatkan ribuan penduduk dievakuasi dari wilayah sekitar kaki Gunung Ruang.

Debu vulkanik dari erupsi tersebut mencapai hingga wilayah Kalimantan dan Malaysia. Hal itu menyebabkan sejumlah penerbangan dari Malaysia terkena dampaknya. Bahkan, Badan Meteorologi Malaysia menyebut bahwa penerbangan yang ada di wilayah pulau Kalimantan disebut bakal berhenti beroperasi sementara sampai Minggu (5/5).

Hingga kini, Badan Search and Rescue (SAR) Indonesia sedang melakukan evakuasi massal warga yang terdampak di sekitar Gunung Ruang. Ratusan warga pun berbondong-bondong meninggalkan rumahnya karena sebagian besar telah tertutup abu vulkanik. Fenomena alam tersebut juga berdampak pada lalu lintas udara di bandara Sam Ratulangi, Sulawesi Utara yang masih ditutup sampai saat ini.(Red)

Oh hi there đź‘‹
It’s nice to meet you.

Sign up to receive awesome content in your inbox, every month.

We don’t spam! Read our privacy policy for more info.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments