Thursday, May 23, 2024
HomePolitikSurya Paloh Sungkan Minta Jatah Menteri, Ini Respons PAN

Surya Paloh Sungkan Minta Jatah Menteri, Ini Respons PAN

Media Indo Pos,Jakarta – Ketum NasDem Surya Paloh mengaku sungkan meminta jatah menteri kepada Presiden Terpilih Prabowo Subianto usai resmi mendukung. Partai Amanat Nasional (PAN) merasa gembira jika NasDem serius bergabung koalisi.

“Partai Amanat Nasional merasa senang dan gembira jika Partai NasDem serius untuk bergabung di pemerintahan sebagai partai koalisi. Begitu juga dengan PKB,” kata Waketum PAN Viva Yoga Mauladi kepada wartawan, Kamis (2/5/2024).

“Kalau kemudian NasDem dan PKB bergabung di koalisi pemerintahan, maka kursinya menjadi 417 dari 580 kursi, atau setara 71,90 persen. Jadi ini kekuatan mayoritas di DPR sangat baik dalam rangka menjaga stabilitas politik dalam program-program pemerintah lebih efisien dan terukur serta sesuai dengan target,” tambahnya.

Terkait jatah politik, Viva mengatakan bahwa semua tergantung kebijakan Prabowo. PAN, katanya, menyerahkan seluruhnya kepada Prabowo.

“Kalau kemudian NasDem bergabung pemerintahan sebagai partai koalisi maka dalam beberapa maksimum politiknya itu semuanya ditentukan kebijakan dari Presiden Terpilih Pak Prabowo,” katanya.

“Idealnya kan memang kalau masuk di koalisi ya langsung masuk jajaran kabinet. Tapi PAN mengembalikan seluruhnya kepada kebijakan Presiden Terpilih, karena itu hak prerogatif presiden. PAN akan tunduk dan patuh terhadap kebijakan presiden dan bersama-sama dengan NasDem untuk memperkuat posisi pemerintahan dalam rangka membangun peradaban bangsa ke depan,” sambungnya.

Paloh Sungkan Minta Jatah Menteri
Partai NasDem resmi menyatakan dukungan terhadap Presiden dan Wakil Presiden Terpilih, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka. Meski begitu, Ketua Umum NasDem Surya Paloh mengaku sungkan meminta jatah menteri ke Prabowo.

Paloh mengaku belum ada pembahasan soal kursi menteri dengan Prabowo. Ia juga mengaku belum tahu akan atau tidaknya pembahasan tersebut.

“(Pembahasan) Belum. Kita belum tahu, memang yang punya otoritas untuk itu kan kalian tahu,” kata Paloh kepada wartawan di Gedung Akademi Bela Negara (ABN) Nasdem, Jakarta Selatan (Jaksel), Kamis (2/5).

Paloh mengaku bersahabat lama dengan Prabowo. Namun ia sungkan meminta jatah menteri ke Prabowo. “(Iya) Sahabat. Ya (minta) kan ada perasaan sungkan-sungkan juga kan ha-ha-ha,” tuturnya.(Red)

Oh hi there đź‘‹
It’s nice to meet you.

Sign up to receive awesome content in your inbox, every month.

We don’t spam! Read our privacy policy for more info.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments