Tuesday, May 21, 2024
HomeBerita NasionalJokowi Tegur Pemda: Jangan Semua Pusat, Bapak Ibu Ngerjain Mana?

Jokowi Tegur Pemda: Jangan Semua Pusat, Bapak Ibu Ngerjain Mana?

Media Indo Pos,Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegur pemerintah daerah (Pemda) dalam Musrenbangnas 2024. Jokowi meminta agar Pemda bekerja sehingga tidak semua masalah harus ditangani pemerintah pusat.

Jokowi awalnya menjelaskan dirinya sedang menyiapkan Instruksi Presiden atau Inpres Penyambungan Air untuk Rumah Tangga. Dia berharap pemerintah daerah juga punya inisiatif mengatasi masalah air.

“Saya sampaikan ya sudah disiapkan lagi Inpres untuk Sambungan Rumah Tangga untuk Air Minum. Tapi jangan semuanya di pemerintah pusat,” kata Jokowi dalam sambutannya di JCC Senayan, Senin (6/5/2024).

Jokowi kemudian mempertanyakan apa tugas pemerintah daerah jika semua diurus pemerintah pusat. Dia meminta pemda jangan cuma bersyukur dengan tindakan pemerintah pusat.

“Ini kalau Inpres jalan daerah, Inpres sambungan Rumah Tangga buat Air Minum, alhamdulillah, alhamdulillah. Bapak ibu ngerjain yang mana?” tanya Jokowi.

Jokowi juga meminta agar pemerintah daerah melakukan pengembangan dari proyek yang diselesaikan oleh pemerintah pusat. Dia mencontohkan waduk yang sudah dibangun bisa dimanfaatkan untuk air baku asal didukung APBD.

“Waduk misalnya, bukan hanya untuk pertanian saja tapi untuk air baku, tapi yang terjadi waduknya selesai sambungan ke rumah tangganya yang belum. Kenapa belum? Karena PDAM-nya selalu rugi jadi nggak mampu bangun sambungan ke rumah warga. Mestinya itu di-support oleh APBD, dari daerah,” ujar Jokowi.(Red)

Oh hi there đź‘‹
It’s nice to meet you.

Sign up to receive awesome content in your inbox, every month.

We don’t spam! Read our privacy policy for more info.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments