Tuesday, May 21, 2024
HomeInternationalWorldSenator Amerika Serikat Ancam Hancurkan ICC Jika Rilis Surat Tangkap Netanyahu

Senator Amerika Serikat Ancam Hancurkan ICC Jika Rilis Surat Tangkap Netanyahu

Media Indo Pos,Jakarta – Sekelompok senator Amerika Serikat (AS) dari Partai Republik mengeluarkan peringatan keras ke Mahkamah Pidana Internasional (International Criminal Court/ICC).

Dalam surat yang dikirim ke Kepala Jaksa ICC Karim Khan, mereka mengancam akan menghancurkan lembaga itu jika tetap merilis surat penangkapan Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu.

“Amerika Serikat tidak akan mentolerir serangan-serangan yang dipolitisasi ICC terhadap sekutu-sekutunya. Menargetkan Israel dan kami akan menargetkan Anda,” demikian penggalan dalam surat itu, dikutip dari Gateway Pundit, Senin (6/5).

Jika ICC tetap pada pendiriannya dengan mengeluarkan surat penangkapan, mereka menegaskan AS akan mengakhiri semua dukungan ke Mahkamah Pidana Internasional ini. AS juga akan melarang Karim Khan dan keluarganya memasuki negara tersebut.

“Kami akan mengakhiri semua dukungan Amerika terhadap ICC, memberi sanksi ke karyawan dan rekan Anda, serta melarang Anda dan keluarga Anda memasuki Amerika Serikat. Anda telah diperingatkan,” lanjut surat itu.

Dalam surat tersebut, para senator Republik menyebut tindakan ICC tak memiliki dasar hukum. Mereka juga beranggapan agresi Israel di Gaza sebagai pertahanan diri atas serangan dadakan Hamas.

Sekelompok senator ini juga menjelaskan dengan mengeluarkan surat perintah, ICC mempertanyakan legitimasi, sistem hukum, dan bentuk pemerintahan Israel. Tak hanya itu, mereka memandang perilisan surat penangkapan merupakan kemunafikan dan standar ganda ICC.

Senator dari Republik itu lantas membandingkan sejumlah kepala negara yang mestinya diberi surat penangkapan seperti Presiden China Xi Jinping dan Pemimpin Tertinggi Iran Ayatollah Ali Khamenei. Xi dianggap melakukan genosida di Xinjiang, sementara Khamenei dinilai menyokong serangan Hamas ke Israel.

Sejumlah senator yang namanya tercantum dalam surat yang dikirim ke ICC yaitu Tom Cotton (R-AR), Marsha Blackburn (R-TN), Ted Budd (R-NC), Ted Cruz (R-TX), Pete Ricketts (R- NE), dan Rick Scott (R-FL). Selain itu, ada pula Mitch McConnell (R-KY), Katie Boyd Britt (R-AL), Kevin Cramer (R-ND), Bill Hagerty (R-TN), Marco Rubio (R-FL ), dan Tim Scott (R-SC).

Ancaman ke ICC muncul saat Kamir Khan disebut-sebut bakal mengeluarkan surat perintah penangkapan Netanyahu. Menanggapi rencana itu, Netanyahu segera meminta bantuan AS untuk melobi ICC.

Sejumlah sumber menyatakan surat itu akan dirilis dalam waktu dekat. Namun, hingga sekarang tak ada tanda-tanda surat bakal dikeluarkan.

Rencana ICC mengeluarkan surat penangkapan karena agresi Israel di Gaza yang menyebabkan banyak warga sipil meninggal dunia. Agresi Israel di Gaza telah menewaskan lebih dari 34.000 orang dan memicu kelaparan akut di wilayah tersebut.(Red)

Oh hi there đź‘‹
It’s nice to meet you.

Sign up to receive awesome content in your inbox, every month.

We don’t spam! Read our privacy policy for more info.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments