Monday, May 20, 2024
HomeHukum & Kriminal5 Spesialis Pencuri AC Diringkus Polisi, Sudah Beraksi di 4 TKP

5 Spesialis Pencuri AC Diringkus Polisi, Sudah Beraksi di 4 TKP

Media Indo Pos,Jambi – Polresta Jambi berhasil meringkus 5 spesialis pencurian air conditioner (AC). Komplotan pencuri AC dalam rumah toko (ruko) kosong itu sudah beraksi di 4 tempat kejadian perkara (TKP) di Kota Jambi.

“Ada 4 LP (Laporan Polisi) yang mengarah kepada pelaku ini. Dengan total kerugian belasan juta,” kata Wakasat Reskrim Polresta Jambi AKP M Ilham Habibie, Rabu (8/5/2024).

Lima orang pelaku yang berhasil diamankan itu ialah MS (20), HS (23), DA (27), AL (29), dan DP (21). Selain itu, polisi juga turut menangkap penadahnya berinisial IG (45).

Ilham menerangkan para pelaku melakukan pencurian saat ruko dalam keadaan kosong. Sebelum beraksi, mereka terlebih dahulu memetakan ruko untuk masuk ke dalam saat ditinggal pemiliknya.

“Pelaku ini menargetkan sasaran ruko-ruko yang sudah di-mapping awalnya. Mereka membobol ruko, targetnya memang AC,” ungkapnya.

Lima orang pelaku itu memiliki peran masing-masing. Ilham menyebut ada pelaku yang spesialis membongkar AC di dinding, dan ada yang memantau situasi. “Ruko yang menjadi sasarannya ada tempat salon, kantor notaris, dan kantor praktek dokter gigi,” terang Ilham.

Ilham menambahkan setelah membongkar AC, pelaku langsung membawa kabur ke tempat persembunyiannya. Di sana mereka mempereteli AC tersebut dan hanya mengambil tembaganya saja.

“AC-nya itu dipereteli. Yang mereka ambil ini hanya tembaga dan kandungan-kandungan besi di dalam AC itu saja,” jelasnya.

Selain AC ruangan, kata dia, pelaku juga kerap membobol outdoor AC ruko yang telah menjadi target pencurian. Hasil pemeriksaan polisi, setidaknya mereka telah membobol 6 AC dan 14 outdoor AC.

Setelah menerima laporan 4 orang korban, polisi langsung melakukan penyelidikan. Setelah itu, 5 orang pelaku bersama seorang penadah ditangkap Kamis (2/5/2024) lalu.

“Pelaku kami tangkap dari hasil penyelidikan Tim Unit Jatanras dan Ranmor Polresta Jambi,” ujarnya.

Dari tersangka, polisi turut mengamankan sejumlah perkakas untuk membongkar AC, sejumlah lipatan tembaga, dan 5 unit AC yang telah dibongkar. Atas perbuatannya, 5 pelaku pencurian akan dijerat Pasal 363 KUHP dengan ancaman 7 tahun penjara, sementara penadah dijerat Pasal 480 KUHP dengan ancaman 4 tahun penjara.(Red)

Oh hi there đź‘‹
It’s nice to meet you.

Sign up to receive awesome content in your inbox, every month.

We don’t spam! Read our privacy policy for more info.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments