Monday, May 20, 2024
HomeTNIDandim 0801/Pacitan Bersama Kadistan Serahkan Bantuan Alsintan Kepada Kelompok Tani

Dandim 0801/Pacitan Bersama Kadistan Serahkan Bantuan Alsintan Kepada Kelompok Tani

Media Indo Pos,Pacitan – Pagi ini, Kodim 0801/Pacitan menerima bantuan alat mesin pertanian (Alsintan) pompanisasi APBD tahun 2024 dari Dinas Pertanian Kabupaten Pacitan yang berlangsung di Kantor Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian, Jl. Dewi Sartika No. 19 A, Kelurahan Sidoharjo, Kec./Kab. Pacitan, Jumat (10/05/2024).

Sebanyak 7 Alsintan Pompanisasi diserahkan secara simbolis oleh Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Pacitan Sugeng Santoso, SP., M.Sc., kepada Dandim 0801/Pacitan Letkol Inf. Roliyanto, S.I.P., M.I.P., untuk direalisasikan bagi kelompok tani yang ada di wilayah Kodim 0801/Pacitan, guna mendukung peningkatan hasil pertanian.

Dalam arahannya, Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Pacitan menyampaikan, bahwa konflik antar beberapa negara di dunia berdampak pada kebutuhan pangan masyarakat Indonesia terutama gandum, yang harus mengimpor dari luar negeri.

“Saat musim hujan para petani bisa memberdayakan air di lingkungannya, untuk bisa dimanfaatkan sebagai pengairan. Namun demikian, untuk lahan yang tidak ada sumber air, kami akan terus berusaha membuat pompa air agar bisa meningkatkan hasil pertanian, terutama untuk padi,” ujarnya saat menyerahkan Alsintan.

Sementara itu, Dandim 0801/Pacitan mengapresiasi Pemerintah Indonesia, di mana telah secara serius peduli terhadap para petani di wilayah yang mengalami kesulitan dalam mengakses air untuk lahan sawahnya, dengan memberikan bantuan berupa Alsintan pompanisai.

“Untuk sementara, Kabupaten Pacitan memang baru mendapat bantuan 7 unit Alsintan, dan Insyaallah nantinya akan dipenuhi secara bertahap sesuai luas di masing-masing wilayah. Mengingat wilayah Pacitan juga merupakan dataran tinggi dan banyak batu karang,” jelasnya.

Dengan adanya bantuan ini, ia berharap para petani di wilayah dapat memanfaatkan dengan sebaik-baiknya untuk meningkatkan hasil produksi pertanian mereka, sehingga dapat mendukung program ketahanan pangan nasional.

“Berkat adanya program pompanisasi ini diharapkan dapat mempermudah para petani dalam mengolah lahan sawahnya, sehingga hasil panen juga maksimal. Oleh karenanya jaga dan rawat dengan baik Alsintan yang diberikan, agar masa pakainya juga bertahan lama,” ungkapnya.

Tampak hadir dalam penyerahan di antaranya Dandim 0801/Pacitan Letkol Inf. Roliyanto. S.I.P., M.I.P., Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Pacitan Sugeng Santoso, SP, M.Sc., Kabid Sarana dan Prasarana Dinas Pertanian Susilo, Kabid TPH Dinas Pertanian Agus, Perwira Staf, para Danramil, Babinsa dan Kelompok Tani.(Red)

Oh hi there 👋
It’s nice to meet you.

Sign up to receive awesome content in your inbox, every month.

We don’t spam! Read our privacy policy for more info.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments