Wednesday, May 29, 2024
HomeInternationalWorldBanjir Bandang Hantam Afganistan, 50 Orang Tewas

Banjir Bandang Hantam Afganistan, 50 Orang Tewas

Media Indo Pos,Jakarta – Sebanyak 50 orang, mayoritas anak dan wanita, tewas dalam bencana banjir bandang di Provinsi Baghlan, utara Afganistan. Badan Penanggulangan Bencana menyebut jumlah tersebut diprediksi bertambah lantaran masih banyak korban yang hilang.

“Sejauh ini, jumlah orang yang meninggal adalah 50, menurut data Rumah Sakit Baghlan-e-Markazi,” kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana, Hedayatullah Hamdard dikutip dari AFP, Jumat (10/5).

Ia menjelaskan banyaknya korban tewas disebabkan banjir bandang yang datang tiba-tiba setelah hujan deras mengguyur. Warga tak sempat menyelamatkan diri dari derasnya arus air.

Saat ini Tim SAR gabungan masih mencari sejumlah korban yang diduga terperangkap di bawah timbunan lumpur dan reruntuhan. Tenda darurat pun telah disediakan untuk warga yang mengungsi.

Dalam sejumlah video yang beredar di media sosial, terekam detik-detik banjir datang bagaikan air bah. Terdengar suara tangisan anak-anak dan sekelompok pria yang mencoba menyelamatkan diri dari terjangan banjir.

Pada pertengahan April lalu, banjir juga melanda 10 provinsi di Afganistan. Sekitar 100 orang tewas akibat bencana tersebut. Sementara banjir juga telah merusak lahan pertanian di mana sebagian besar penduduknya bergantung pada sektor pertanian.

Ahli menyebut Afganistan merupakan negara yang sangat rentan terhadap perubahan iklim akibat pemanasan global. Menurut data Bank Dunia, separuh dari populasi Afghanistan hidup di bawah garis kemiskinan, dan 15 juta orang mengalami ketidakamanan pangan.(Red)

Oh hi there đź‘‹
It’s nice to meet you.

Sign up to receive awesome content in your inbox, every month.

We don’t spam! Read our privacy policy for more info.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments