Monday, May 20, 2024
HomeInternationalWorldAmerika Serikat Bongkar Jembatan Baltimore yang Runtuh Dihantam Kapal Kargo

Amerika Serikat Bongkar Jembatan Baltimore yang Runtuh Dihantam Kapal Kargo

Media Indo Pos,Baltimore – Pihak berwenang Amerika Serikat (AS) mulai membongkar bagian jembatan Baltimore yang runtuh karena dihantam kapal kargo. Pembongkaran dilakukan untuk memindahkan kapal kargo yang masih terjebak sejak Maret lalu.

Dilansir dari AFP, Selasa (14/5/2024), para ahli pembongkaran menggunakan bahan peledak untuk memindahkan sebagian jembatan yang runtuh di Baltimore.

Pembongkaran tersebut pada akhirnya akan memungkinkan para pekerja untuk memindahkan kapal kontainer Dali berukuran hampir 1.000 kaki (300 meter) yang hampir seluruhnya memblokir akses ke salah satu pelabuhan terbesar Amerika selama enam minggu terakhir.

Jembatan Francis Scott Key, yang merupakan jalur transit utama, hancur dalam hitungan detik ketika kapal berbendera Singapura kehilangan tenaga dan menabrak tiang penyangga, menyebabkan jembatan tersebut runtuh dan menewaskan enam pekerja konstruksi.

Presiden Joe Biden bulan lalu berjanji akan “menggerakkan langit dan bumi” untuk membangun kembali jembatan tersebut, menjanjikan dana federal dan mengatakan jalur baru untuk lalu lintas pelayaran akan dibuka pada akhir Mei.

Pembongkaran pada hari Senin, yang dilakukan sekitar pukul 17.00 waktu setempat (21.00 GMT), menghasilkan kepulan asap abu-abu sebelum sebagian bangunan jatuh ke dalam air.

Komando Terpadu Respons Jembatan Kunci, yang melakukan aksi tersebut, mengatakan bagian-bagian yang lebih kecil akan diangkat dengan derek, sehingga Dali dapat dikeluarkan dari saluran.

“Radius kebisingan” sepanjang 6.000 kaki yang mengharuskan orang memakai pelindung pendengaran dibuat di sekitar lokasi ledakan, kata kelompok tersebut, yang terdiri dari badan-badan negara bagian dan federal termasuk Penjaga Pantai AS.

Mereka yang berada di luar radius diperkirakan akan mendengar suara “tidak lebih keras dari pertunjukan kembang api standar” yang berlangsung selama dua hingga lima detik.

Pihak berwenang telah bekerja sepanjang waktu untuk membersihkan jembatan yang runtuh dan membuka kembali jalur air yang tidak dapat dilalui karena reruntuhan yang luas. Empat saluran sementara telah dibuka sejauh ini untuk memungkinkan sedikit lalu lintas maritim masuk dan keluar dari Baltimore.

Pelabuhan di kota terbesar Maryland mengatakan pada hari Senin bahwa kapal “RoRo” pertama–yang dirancang untuk membawa kargo roll-on, roll-off seperti mobil dan truk–telah tiba sejak keruntuhan pada 26 Maret.

Pelabuhan ini merupakan pusat utama bagi industri otomotif, yang menangani hampir 850.000 mobil dan truk ringan tahun lalu – lebih banyak dibandingkan pelabuhan AS lainnya, menurut angka negara bagian.

Pekan lalu pihak berwenang berhasil menemukan korban keenam dan terakhir yang tewas dalam insiden tersebut saat bekerja sebagai bagian dari delapan orang kru konstruksi di jembatan ketika jembatan tersebut dihantam.

Pada bulan April, FBI meluncurkan penyelidikan kriminal yang menargetkan kapal kontainer yang jatuh ke jembatan, dan agen-agennya menaiki Dali sebagai bagian dari penyelidikan. Dewan Keselamatan Transportasi Nasional juga membuka penyelidikan atas bencana tersebut.(Red)

Oh hi there đź‘‹
It’s nice to meet you.

Sign up to receive awesome content in your inbox, every month.

We don’t spam! Read our privacy policy for more info.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments