Thursday, May 23, 2024
HomeBerita NasionalWakil Ketua MPR: UMKM Harus Tingkatkan Kualitas SDM Demi Hadapi Tantangan Zaman

Wakil Ketua MPR: UMKM Harus Tingkatkan Kualitas SDM Demi Hadapi Tantangan Zaman

Media Indo Pos,Jakarta – Wakil Ketua MPR RI Lestari Moerdijat meminta pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) meningkatkan kualitas dan keterampilan sumber daya manusia (SDM). Menurutnya, hal ini penting untuk dilakukan secara konsisten demi menjawab sejumlah tantangan zaman.

“Sejumlah kendala yang dihadapi para pelaku UMKM saat ini harus mampu diatasi dengan segera, salah satunya dengan upaya peningkatan kualitas SDM agar mampu beradaptasi dengan sejumlah tantangan yang dihadapi seiring perkembangan zaman,” kata perempuan yang akrab disapa Rerie dalam keterangannya, Rabu (15/5/2024).

Berdasarkan catatan Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) akhir tahun lalu, 70,2% pelaku UMKM masih terkendala dalam pemasaran produk. Selain itu, 51,2% pelaku UMKM mengaku sulit mengakses permodalan, 46,3% kesulitan memenuhi kebutuhan bahan baku, dan 30% kesulitan mengadopsi teknologi digital.

Rerie menilai kendala tersebut membutuhkan sejumlah solusi yang segera, salah satunya dengan meningkatkan kualitas SDM di ekotr UMKM. Dengan begitu sektor UMKM nasional dapat terus tumbuh dan berkontribusi pada perekonomian nasional.

Legislator dari Dapil Jawa Tengah II ini menegaskan perubahan ekosistem dunia usaha yang dibarengi pesatnya perkembangan teknologi harus diiringi perubahan pola pikir dan strategi tepat dari para pelaku UMKM. Perubahan ini juga menuntut kreativitas dan peningkatan kinerja yang mumpuni dari para pelaku UMKM dalam proses adaptasinya.

Anggota Majelis Tinggi Partai NasDem itu pun berharap para pemangku kepentingan di tingkat pusat maupun daerah dapat mendorong peningkatan kualitas SDM sektor UMKM di wilayahnya masing-masing. Dengan demikian, aktivitas ekonomi yang tumbuh di tengah masyarakat dapat terus eksis mengikuti perkembangan zaman.

Selain itu, Rerie berharap sektor ekonomi kerakyatan dapat menjadi tulang punggung bangsa ini dalam upaya mewujudkan masyarakat yang adil dan makmur secara merata di seluruh Indonesia.(Red)

Oh hi there đź‘‹
It’s nice to meet you.

Sign up to receive awesome content in your inbox, every month.

We don’t spam! Read our privacy policy for more info.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments