Tuesday, May 21, 2024
HomeBerita NasionalViral Petugas Terjatuh dari Pesawat, TransNusa: Ada Miskomunikasi

Viral Petugas Terjatuh dari Pesawat, TransNusa: Ada Miskomunikasi

Media Indo Pos,Jakarta – Viral sebuah video menunjukkan seorang petugas bandara terjatuh dari pesawat saat petugas lainnya menggeser tangga naik penumpang. PT TransNusa Aviation Mandiri menyebutkan kejadian itu merupakan miskomunikasi.

Berdasarkan video viral yang dilihat, Kamis (16/5/2024), video tersebut menunjukkan seorang petugas berdiri di pintu pesawat dekat dengan perbatasan tangga turun/naik penumpang. Ternyata peristiwa itu terjadi di Bandara Soekarno-Hatta, Cengkareng, Tangerang.

“Kejadian tersebut terjadi karena miskomunikasi antara petugas flight coordinator (FC) dengan petugas passenger boarding stairs (PBS) PT JAS yang mengakibatkan petugas FC tidak mengetahui posisi PBS ketika hendak meninggalkan pesawat,” demikian keterangan tertulis PT TransNusa Aviation Mandiri yang diterima.

Sebagaimana terekam dalam video, awalnya petugas flight coordinator di pesawat itu melangkah mundur ke belakang tanpa melihat kondisi tangga. Namun, di saat yang bersamaan, petugas ground handling menggeser tangga naik/turun penumpang tersebut.

Tak ada lagi tangga yang menopang kaki si petugas bandara yang malang itu. Kejadian itu sangat cepat. Petugas yang berada di atas pesawat terjatuh dari ketinggian. Kertas-kertas dokumen penerbangan yang dia pegang berhamburan. Tak sampai sedetik kemudian, badan petugas berompi kuning itu membentur permukaan beton.

PT TransNusa Aviation Mandiri dalam pernyataannya menyebut kejadian itu terjadi pada 13 Mei 2024 di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Cengkareng, Tangerang, Banten. Petugas yang terjatuh dari pintu pesawat merupakan karyawan PT JAS (PT Jasa Angkasa Semesta), yang merupakan perusahaan yang menangani kegiatan ground handling TransNusa.

Terkait dengan kejadian ini, TransNusa menegaskan telah berkoordinasi dengan PT JAS untuk meningkatkan prosedur keamanan serta menerapkan langkah pencegahan yang lebih ketat guna menghindari terulangnya insiden serupa di masa mendatang.

“Kami berkomitmen untuk terus meningkatkan standar keselamatan dan memastikan bahwa seluruh kegiatan operasional kami berjalan dengan aman dan lancar,” katanya.(Red)

Oh hi there đź‘‹
It’s nice to meet you.

Sign up to receive awesome content in your inbox, every month.

We don’t spam! Read our privacy policy for more info.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments