Tuesday, June 25, 2024
HomeLifestyleKulinerHarus Coba! 5 Seafood Istimewa Rasanya Enak

Harus Coba! 5 Seafood Istimewa Rasanya Enak

Media Indo Pos,Jakarta – Seafood tidak sebatas ikan, cumi, atau udang saja. Ada lebih banyak jenis seafood yang juga bisa diolah dan setidaknya perlu dicoba sekali seumur hidup!

Selain ayam dan daging, ikan, cumi, hingga udang juga cukup digemari masyarakat. Makanan laut ini bisa diolah dengan bumbu lezat dan memuaskan selera.

Meskipun jenisnya sangat banyak, tetapi konsumsi makanan laut secara umum hanya terfokus pada spesies yang relatif sedikit. Padahal, banyak jenis seafood lainnya yang menawarkan rasa dan kesegaran tidak kalah enak.

Menurut thedailymeal.com (19/04), tingginya permintaan terhadap spesies seafood populer ini seringkali menyebabkan eksploitasi berlebihan hingga berdampak negatif terhadap lingkungan. Ketergantungan konsumen berlebih terhadap beberapa spesies juga menyebabkan mereka mengabaikan beberapa makanan laut terbaik di dunia.

Hal ini cukup disayangkan karena masih ada sejumlah makanan laut yang menarik untuk dicoba, daripada hanya udang, salmon, atau cumi biasa. Dilansir dari The Daily Meal (19/04), inilah 5 seafood istimewa yang layak dicoba sekali seumur hidup:

1. Geoduck atau kerang gajah
Geoduck adalah salah satu jenis kerang yang bentuk dan ukurannya unik. Sebab, kerang ini disebut-sebut menjadi yang terbesar di dunia dengan berat mencapai 7,2 kilogram.

Kerang jumbo ini ditemukan di bagian barat laut dari Amerika Serikat, dan dibudidayakan di pantai ketika air laut surut. Geoduck tidak banyak dimakan di Amerika Serikat, tetapi mereka lebih sering diekspor ke Asia Tenggara, dengan China sebagai pasar terbesar.

Di negara ini, kerang dihargai karena tekstur dan perpaduan menarik antara kerenyahan dan kekenyalan. Banyak chef menyukai rasa geoduck karena disebut bersih, manis, dan sedikit beraroma amis laut. Geoduck sebenarnya tidak dihindari karena rasa atau harga, tetapi karena penampilan hewan itu. Kerang ini punya leher panjang dan tubuh bulat.

Untuk cara pengolahannya, Chef Brandon Jew mengungkap kepada Eater jika kerang sebenarnya sangat mudah dibersihkan. Proses memasaknya hanya perlu direbus dengan cepat sampai membran luarnya terlepas. Setelah dibersihkan dan direbus, geoduck sering disajikan sebagai sushi atau diolah menjadi sup dan semur.

2. John Dory
Ikan John Dory mungkin terlihat punya bentuk fisik yang jelek. Kepalanya besar, kurus, dan punya deretan duri di sepanjang tepi tubuhnya. Namun, penampilan ikan itu tidak sesuai dengan rasanya.

John Dory juga menjadi ikan favorit banyak chef, termasuk Rick Stein, karena rasanya lezat. Rasanya digambarkan sebagai ikan yang punya daging manis. Cocok diolah dengan berbagai teknik memasak.

Ikan ini lazim ditemukan di perairan lepas pantai berbagai benua. Sayangnya, belum mendapat popularitas luas. Sebab, hasil panennya masih rendah dan karena bentuknya tidak beraturan, hanya 35% dari ikan yang bisa dimakan.

Hal yang lebih rumit lagi karena dagingnya dipenuhi tulang-tulang kecil. Paling baik menikmati ikan ini di restoran, dimana proses dan olahannya sudah disiapkan oleh chef terbaik.

3. Bulu babi
Bulu babi merupakan hewan laut yang terbungkus di dalam cangkang bundar dan dilengkapi serangkaian duri tajam. Di dalam cangkangnya terdapat organ-organ.

Namun, di antara organ-organ tersebut, bagian bisa dimakan adalah gonad dan telurnya yang ada di cangkang. Meskipun bulu babi bisa ditemukan secara global, tetapi makanan laut ini paling populer di Jepang.

Bahkan, bulu babi atau uni sering digunakan untuk membuat sushi. Rasanya kompleks dan unik. Dapat diolah dengan tiga cara; umami, asin, dan manis. Ditambah, tekstur seperti mentega.

4. Teritip leher angsa
Percebes atau teritip leher angsa adalah sejenis krustasea yang dipanen di pantai berbatu di Spanyol dan Portugal. Para pembudidaya punya dua opsi untuk mencari hewan laut ini. Pertama, mereka bisa menyelam dan mencari teritip leher angsa saat air pasang, atau mereka perlu memanjat batu besar yang licin ketika air surut.

Mereka yang pernah mencoba teritip mengungkap rasanya mirip kerang dan lobster. Namun, tetap ada aroma laut yang unik.

5. Teripang
Menurut thedailymeal.com, terdapat lebih dari 1.700 teripang di dunia yang dibagi menjadi tiga kategori. Mulai dari teripang prickly (teripang nanas atau duri), bald (teripang botak kering), dan white teat (pulut putih).

Meskipun tampilannya kurang meyakinkan, tetapi hewan ini dikenal lezat. Teripang juga cukup populer di negara Asia, khususnya China. Bahkan, teripang nanas berduri dijual dengan harga cukup mahal, sekitar $1.000 (Rp 15 juta) per 2,2 pon atau sekitar 0,9 sampai 1 kg.

Jenis makanan laut ini juga memiliki manfaat kesehatan. Seperti yang dilaporkan dalam Journal of traditional and Complementary Medicine, teripang kaya akan mineral dan vitamin yang terbukti membantu penyembuhan luka. Soal tekstur, ketika dimasak daging teripang renyah dan kenyal.(Red)

Oh hi there 👋
It’s nice to meet you.

Sign up to receive awesome content in your inbox, every month.

We don’t spam! Read our privacy policy for more info.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments