Tuesday, June 25, 2024
HomeBerita NasionalKNKT Kerahkan Investigator Usut Penyebab Pesawat Latih Jatuh di BSD Serpong

KNKT Kerahkan Investigator Usut Penyebab Pesawat Latih Jatuh di BSD Serpong

Media Indo Pos,Jakarta – Pesawat latih tipe Tecnam P2006T dengan nomor registrasi PK-IFP jatuh di kawasan BSD, Serpong, Tangerang Selatan (Tangsel), Banten. Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) menerjunkan tim investigasi untuk menyelidiki penyebab pasti jatuhnya pesawat.

“KNKT telah mengirimkan dua orang investigator untuk menginvestigasi kecelakaan tersebut,” kata KNKT dalam keterangannya tertulis, Senin (20/5/2024).

KNKT menyatakan investigator masih mengumpulkan data terkait jatuhnya pesawat itu. KNKT menyatakan belum ada informasi soal ada tidaknya kerusakan pesawat sebelum kecelakaan.

“Progres saat ini masih dalam mengumpulkan data lapangan dan evakuasi pesawat ke tempat yang aman agar tidak mengganggu kegiatan masyarakat, dengan dibantu oleh aparat kepolisian setempat. Belum diketahui apakah ada kerusakan pesawat sebelum kecelakaan,” ujarnya.

Pesawat tersebut jatuh di BSD, Serpong, Tangsel pada Minggu (19/5) kemarin sekitar pukul 14.09 WIB. Kemenhub mengatakan pesawat latih yang jatuh di kawasan BSD itu adalah milik Indonesia Flying Club. Pesawat berwarna putih itu bertuliskan kode di badan PK-IFP. Kondisi pesawat hancur.

Pesawat latih jenis Tecnam P2006T tersebut dikemudikan Suwanda bersama pilot Pulung Darmawan. Dalam insiden tersebut, terdapat tiga korban jiwa yang terdiri dari pilot, co-pilot dan mekanik.

Pilot Sempat Berikan Kode ‘Mayday’
Kapolres Tangsel AKBP Ibnu Bagus Santoso mengungkap pilot pesawat latih nomor registrasi PK-IFP yang jatuh di BSD, Serpong, Tangsel, sempat memberi kode darurat. Polisi menyebut pesawat menuju Pondok Cabe dari Tanjung Lesung.

“Pertama dari Pondok cabe, arahnya masih belum tahu. Informasi awal dari Tanjung Lesung mau kembali ke Pondok Cabe. Terus ada informasi permintaan tolong ‘mayday.. mayday’, habis itu hilang kontak,” ujar Ibnu, kepada wartawan, di lokasi kejadian, Minggu (19/5).

Untuk diketahui, ‘Mayday’ adalah istilah penerbangan yang menandakan pesawat sedang mengalami situasi berbahaya. Ibnu mengatakan dugaan penyebab pesawat jatuh akan ditangani KNKT.(Red)

Oh hi there 👋
It’s nice to meet you.

Sign up to receive awesome content in your inbox, every month.

We don’t spam! Read our privacy policy for more info.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments