Tuesday, June 25, 2024
HomeTNIUpacara Peringatan Hari Kebangkitan Nasional ke-116 Kodim Grobogan

Upacara Peringatan Hari Kebangkitan Nasional ke-116 Kodim Grobogan

Media Indo Pos,Grobogan – Komando Distrik Militer (Kodim) 0717/Grobogan menggelar upacara bendera dalam rangka peringatan Hari Kebangkitan Nasional ke-116 tahun 2024, dengan tema “Bangkit Untuk Indonesia Emas”, yang bertempat di lapangan Makodim, Jl. Suhada No. 2 Purwodadi, Senin (20/05/2024).

Bertindak selaku Inspektur Upacara yakni Kepala Staf Kodim (Kasdim) 0717/Grobogan Mayor Cba A.M. Ichfani, S.E., dan Komandan Upacara yakni Komandan Unit Intel Lettu Inf. Darmanto. Upacara bendera diikuti seluruh prajurit dan PNS Kodim 0717/Grobogan dan anggota Kanminvetcad IV-23/Purwodadi.

Kasdim yang membacakan amanat Menteri Kominfo Budi Arie Setiadi mengatakan, bahwa embrio Indonesia lahir dari kemajuan modern dan pencerahan dari kaum muda berpendidikan yang tidak kehilangan identitas ke-Indonesia an nya.

“Embrio Indonesia lahir dari keragaman pikiran para ‘kaum muda’ sebagai ‘embrio bangsa’. Di tangan kaum muda terdidik, inilah cita-cita kemerdekaan dan kebebasan dirumuskan dan diperjuangkan,” ujarnya.

Apa yang digagas Boedi Oetomo, Kartini dan para embrio bangsa, kemudian dirumuskan Bung Karno sebagai “jembatan emas”. Kemerdekaan dibayangkan Bung Karno sebagai sebuah “jembatan emas” yang akan membawa bangsa Indonesia menikmati kehidupan sejahtera lahir dan batin di atas tanah sendiri.

Bung Karno juga menekankan, bahwa di ujung “jembatan emas” akan selalu ada kemungkinan yang dapat membawa Indonesia menuju kebaikan ataupun sebaliknya, yang dalam bahasa Bung Karno “bahagia bersama atau menangis bersama”.

“Di sinilah Bung Karno mengingatkan kita pentingnya “momen” agar kita mengambil keputusan yang tepat dan cermat, untuk membawa kita pada jalan yang mengarah kepada kebaikan bagi seluruh rakyat Indonesia,” ucapnya.(Red)

Oh hi there 👋
It’s nice to meet you.

Sign up to receive awesome content in your inbox, every month.

We don’t spam! Read our privacy policy for more info.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments