Tuesday, June 25, 2024
HomeBisnisFinanceElon Musk Mau Investasi AI-Tesla, Menteri AHY Siap Bantu Kepastian Hak Tanah

Elon Musk Mau Investasi AI-Tesla, Menteri AHY Siap Bantu Kepastian Hak Tanah

Media Indo Pos,Jakarta – Menteri Agraria Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Negara (ATR/BPN) Agus Harimurti Yudhoyono menyatakan pihaknya siap membantu rencana investasi CEO Tesla, Elon Musk di Indonesia. Pihaknya siap menyediakan hak kepastian atas tanah untuk kepentingan investasi.

Pria yang akrab disapa AHY ini mengatakan pihaknya turut berperan dalam menyediakan investasi di Indonesia, salah satunya dengan memberikan kepastian hak tanah. Seringkali dalam proses administrasinya, berjalan tidak baik dan berbelit-belit. Untuk itu, pihaknya akan membenahinya, termasuk perizinan hak tanah.

“Ini yang seringkali dipertanyakan dan juga kalau ada yang tidak baik, menjadi komplain. Mengapa berbelit-belit, mengapa tidak jelas. Nah kita tidak ingin itu terjadi, maka kita benahi administrasi, termasuk perizinan dan sebagainya,” ujar AHY dalam keterangan tertulis, Selasa (20/5/2024).

Menurutnya, yang terpenting dari terciptanya investasi adalah penyelenggaraannya sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Sebab, investasi berjalan demi peningkatan ekonomi masyarakat dan negara.

“Indonesia tidak boleh hanya mendapatkan atau menjadi tempat saja, tapi mendapatkan keuntungan sebesar-besarnya, kembali untuk ekonomi dan rakyat kita sendiri. Jadi inilah yang menjadi komitmen dan semangat dari Kementerian ATR/BPN,” terangnya.

Dia juga turut mengapresiasi peluncuran layanan internet milik Elon Musk, Starlink di Puskesmas Pembantu Sumerta Kelod, Kota Denpasar, Bali. Dia mengaku senang lantaran ada investasi yang masuk ke dalam negeri.

“Jadi kembali prinsip dasarnya kita senang kalau ada, tokoh yang dikenal dan berpengaruh di dunia dan siapa pun yang ingin menanamkan modalnya, capital-nya melalui investasi di Indonesia, tentu kita terima dengan baik,” jelasnya.

Sebelumnya, Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan membeberkan isi pembicaraan antara Presiden Joko Widodo (Jokowi) dengan CEO SpaceX Elon Musk. Dia bilang pembicaraan tersebut menghasilkan beberapa rencana investasi.

Salah satunya, investasi pusat kecerdasan buatan Indonesia bernama Eurika AI. Pusat AI di Tanah Air itu nantinya dikerjasamakan dengan Grok AI, perusahaan sejenis milik Elon Musk.

“Kita akan buat Eurika AI. Eurika AI itu (artificial intelligence/kecerdasan buatan) centre. Nanti akan bekerja sama dengan Drop, dia (Elon Musk) punya AI centre juga,” kata Luhut di Nusa Dua, Badung, Bali, dikutip dari detikBali, Selasa (21/5/2024).

Selain itu, Jokowi dan Elon Musk juga membahas mobil listrik Tesla selama perhelatan World Water Forum (WWF) ke-10. Luhut mengatakan mantan orang terkaya di dunia itu melihat Indonesia sebagai alternatif yang menjanjikan untuk berinvestasi mobil listrik Tesla. Hanya, mantan CEO Twitter itu masih menunggu prospek baik dari industri mobil listrik dunia.

Kemudian, soal rencana investasi pada produksi baterai dan landasan peluncuran roket (launchpad) di Biak, Papua. Hanya, Elon Musk hingga kini masih mempertimbangkan prospeknya ke depan di Indonesia.(Red)

Oh hi there đź‘‹
It’s nice to meet you.

Sign up to receive awesome content in your inbox, every month.

We don’t spam! Read our privacy policy for more info.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments