Tuesday, June 25, 2024
HomeLayananTravel8 Rekomendasi Tempat Wisata Gratis di Surabaya

8 Rekomendasi Tempat Wisata Gratis di Surabaya

Media Indo Pos,Surabaya – Ingin menjelajahi keindahan Surabaya tanpa menguras dompet? Tenang, kota ini memiliki banyak tempat wisata menarik yang bisa dikunjungi secara gratis. Dari taman kota yang rindang, museum bersejarah, hingga spot foto instagramable, semua bisa dinikmati tanpa mengeluarkan biaya sepeserpun.

Liburan tak harus mahal. Di Surabaya, bisa bersenang-senang tanpa perlu merogoh kocek dalam-dalam. Kota Pahlawan ini menawarkan berbagai pilihan wisata gratis yang tak kalah menarik dengan tempat wisata berbayar.

Sudah siap menjelajahi Kota Surabaya? Yuk, simak beberapa rekomendasi tempat wisata gratis di bawah ini!

1. Taman Harmoni
Berada di kawasan Keputih, Taman Harmoni menjadi salah satu primadona ruang publik di Surabaya. Taman ini menawarkan suasana teduh dan asri, dihiasi dengan berbagai jenis bunga dan pepohonan yang rindang. Pengunjung dapat bersantai di bawah naungan pepohonan, menikmati semilir angin segar, dan melupakan hiruk pikuk kota sejenak.

Taman Harmoni menjadi tempat yang ideal untuk melepas penat di pagi dan sore hari. Suasana yang tenang dan asri, dipadukan dengan udara segar, menjadikan taman ini sebagai pilihan tepat untuk bersantai bersama keluarga, teman, ataupun pasangan.

Taman ini mudah diakses, terletak di Jalan Keputih Tegal Timur II Nomor 249, Keputih, Kecamatan Sukolilo. Buka setiap hari dari pukul 06 hingga 18.00 WIB, Taman Harmoni siap menyambut para pengunjung yang ingin mencari ketenangan di tengah keramaian kota.

2. Mini Agrowisata
Tempat ini hadir sebagai oase bagi yang ingin merasakan sensasi wisata alam dan edukasi di tengah-tengah Kota Surabaya. Terletak di Jalan Pagesangan II Nomor 56, Kecamatan Jambangan, Mini Agrowisata menawarkan berbagai aktivitas menarik bagi pengunjung dari segala usia.

Di area seluas 6.000 meter persegi ini, pengunjung dapat menjelajahi berbagai tanaman dan sayuran yang ditanam dengan rapi. Pengalaman memetik hasil panen segar dan membawa pulang bibitnya menjadi daya tarik utama bagi pengunjung.

Selain itu, Mini Agrowisata juga menjadi rumah bagi berbagai hewan ternak seperti kambing, ayam, dan kelinci. Interaksi langsung dengan hewan-hewan ini menjadi daya tarik tersendiri bagi anak-anak.

Mini Agrowisata buka setiap hari Senin-Jumat pukul 08.00-14.00 WIB dan Sabtu-Minggu pukul 09.00-15.00 WIB. Bagi yang ingin mencari tempat wisata edukatif dan menyenangkan di Surabaya, Mini Agrowisata adalah pilihan yang tepat.

3. Kebun Bibit Wonorejo
Tempat wisata ini merupakan taman kota yang asri dan sejuk di tengah hiruk pikuk Surabaya. Taman ini menawarkan suasana yang tenang dan rindang, dengan danau yang indah untuk bersantai. Pengunjung dapat menikmati pemandangan alam yang menawan.

Selain itu, Kebun Bibit Wonorejo juga dilengkapi dengan area bermain anak-anak, sehingga menjadi pilihan tepat untuk berwisata bersama keluarga. Taman ini terletak di Jalan Raya Kendalsari Nomor 70, Wonorejo, Kecamatan Rungkut dan buka setiap hari pukul 08.00 – 17.00 WIB.

4. Museum Surabaya
Berdiri kokoh sejak tahun 1877, Museum Surabaya di Gedung Siola mengundang para pengunjung untuk menyelami kekayaan sejarah Kota Pahlawan. Koleksi benda-benda bersejarah, seperti becak, pakaian adat, wayang, dan replika rumah kuno, siap membawa kalian kembali ke masa lampau.

Lebih dari itu, temukan pula dokumen-dokumen berbahasa Belanda yang menyimpan kisah dan informasi menarik tentang Surabaya. Museum Surabaya buka setiap hari Selasa-Minggu, dari pukul 09.00-21.00 WIB. Museum bersejarah ini beralamat lengkap di Gedung Siola, Jalan Tunjungan, Nomor 1, Genteng.

5. De Javasche Bank (Museum Bank Indonesia)
De Javasche Bank, adalah sebuah museum yang dulunya sempat menjadi kantor Bank Indonesia perwakilan Surabaya, Jawa Timur. Direnovasi pada tahun 1910, museum ini menyimpan berbagai peninggalan bersejarah yang berkaitan dengan dunia perbankan di Indonesia, khususnya pada masa kolonial Belanda.

Sebelumnya, bank ini mulai beroperasi pada 14 September 1829. Pemerintah Hindia Belanda kemudian memutuskan untuk membangun gedung baru di lokasi yang sama sebagai bagian dari upaya modernisasi. Desain gedung baru ini dibuat agar lebih sesuai dengan iklim tropis Indonesia.

Kemudian, pada tanggal 27 Januari 2012, gedung tiga lantai yang dimiliki oleh Bank Indonesia ini diresmikan sebagai cagar budaya. Saat ini, masyarakat yang ingin mempelajari sejarah perbankan di Surabaya dapat mengunjunginya tanpa dipungut biaya.

De Javasche Bank terletak di Jalan Garuda Nomor 1, Krembangan Selatan, Kecamatan Krembangan. Museum ini buka untuk umum dari hari Selasa hingga Minggu, mulai pukul 08.00 hingga 16.00 WIB.

6. House of Sampoerna
Bagi pencinta sejarah dan budaya, House of Sampoerna adalah destinasi wisata yang wajib dikunjungi di Surabaya. Museum ini terletak di Taman Sampoerna Nomor 6, Krembangan Utara, Kecamatan Pabean Cantikan, tak jauh dari De Javasche Bank.

Lebih dari sekadar museum, House of Sampoerna juga merupakan pabrik pertama rokok Sampoerna yang legendaris. Dibuka pada tahun 2003, museum ini menawarkan berbagai hal yang menarik bagi pengunjung.

Bangunan bergaya kolonial Belanda yang didirikan sekitar tahun 1862 ini merupakan salah satu situs bersejarah yang dilestarikan di Surabaya. House of Sampoerna beroperasi pada hari Selasa-Minggu, pukul 09.00-18.00 WIB.

7. Hutan Mangrove Wonorejo
Jika bosan dengan taman yang monoton, bisa mencoba untuk mengunjungi hutan mangrove. Saat ini, Pemerintah Kota Surabaya telah mengembangkan beberapa kawasan hutan mangrove.

Beberapa kawasan hutan mangrove ini memang awalnya menjadi tempat konservasi dan penelitian. Tetapi secara perlahan hutan mangrove yang hijau dan menawan ini juga menarik perhatian para wisatawan, sehingga dijadikan kawasan wisata alam.

Salah satu hutan mangrove yang ada di Kota Surabaya adalah Hutan Mangrove Wonorejo. Untuk fasilitas tempat ini juga sudah cukup memadai, mulai dari toilet, pusat kuliner, tempat parkir, musala, dan sebagainya. Bisa mengunjungi Hutan Mangrove Wonorejo di Jalan Raya Wonorejo Nomor 1, Wonorejo, Kecamatan Rungkut. Tempat ini buka setiap hari, pada pukul 07.00-17.00 WIB.

8. Hutan Mangrove Gunung Anyar
Hutan Mangrove Gunung Anyar merupakan taman kota yang dikelola oleh Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Surabaya. Taman ini menawarkan suasana asri dan sejuk dengan berbagai fasilitas menarik, layaknya Hutan Mangrove Wonorejo.

Pengunjung dapat menikmati pepohonan mangrove yang rindang, area bermain anak-anak, dan spot foto instagramable. Hutan Mangrove Gunung Anyar terletak di Jalan Medokan Sawah Timur Segoro Tambak Sedati, Medokan Ayu, Kecamatan Rungkut, buka setiap hari pukul 07.00-17.00 WIB.

Itu dia beberapa rekomendasi tempat wisata gratis di Kota Surabaya yang menarik untuk dikunjungi. Liburan di Surabaya nyatanya tak melulu membutuhkan biaya yang besar, ada juga tempat wisata gratis yang tak kalah memukau, selamat berlibur.(Red)

Oh hi there 👋
It’s nice to meet you.

Sign up to receive awesome content in your inbox, every month.

We don’t spam! Read our privacy policy for more info.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments