Tuesday, June 25, 2024
HomeHukum & KriminalKejagung Masih Dalami Perjanjian Pisah Harta Sandra Dewi dan Harvey Moeis

Kejagung Masih Dalami Perjanjian Pisah Harta Sandra Dewi dan Harvey Moeis

Media Indo Pos,Jakarta – Kejaksaan Agung (Kejagung RI) menyebut masih mendalami mengenai perjanjian pisah harta antara tersangka kasus korupsi komoditas timah Harvey Moeis dengan sang istri Sandra Dewi. Pendalaman itu masih dalam upaya penelusuran dugaan tindak pidana pencucian uang (TPPU) dalam perkara tersebut.

“Jadi nanti untuk khusus HM ini kan yang kita dakwakan nanti peran dia. Setelah peran, kemudian apa yang dia peroleh. Keterkaitan istrinya tadi pada poin kedua apa yang diperoleh,” ujar Jaksa Agung Muda Pidana Khusus (Jampidsus), Febrie Adriansyah dalam jumpa pers di Kejagung, Jakarta Selatan, Rabu (29/5/2024).

Febrie menerangkan alasan pihaknya memintai keterangan Sandra Dewi yakni untuk memastikan aliran duit hasil kejahatan korupsi tersebut. Dia juga menegaskan bahwa harta yang disita dari Harvey merupakan hasil TPPU dari perkara itu.

“Kita harus bisa memastikan ketika ini dilakukan penyitaan dan dibawa ke pengadilan, ya ini real hasil kejahatan atau TPPU. Sehingga kita perlu keterangan dari istrinya, apalagi ada pernyataan pisah harta. Kita harus pastikan bagaimana pemisahan, apakah yang dipisahkan juga tidak terkontaminasi dari uang hasil kejahatan di timah,” ujar Febrie.

“Jadi dua ini kita dalami sehingga kita perlu keterangan dari istrinya. Satu mengenai peran dan khususnya mengenai keuangan yang dapat oleh tersangka HM di tata niaga timah,” imbuhnya.

Harvey Moeis Tersangka
Suami Sandra Dewi, Harvey Moeis, ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus dugaan korupsi tata niaga komoditas timah wilayah Izin Usaha Pertambangan (IUP) PT Timah Tbk tahun 2015-2022. Harvey jadi tersangka dalam perannya sebagai selaku perpanjangan tangan dari PT RBT.

“Setelah dilakukan pemeriksaan secara intensif, tim penyidik memandang telah cukup alat bukti sehingga yang bersangkutan kita tingkatkan statusnya sebagai tersangka, yaitu Saudara HM, selaku perpanjangan tangan dari PT RBT,” ujar Direktur Penyidikan Jaksa Agung Muda Pidana Khusus (Jampidsus) Kejagung, Kuntadi, di kantor Kejagung, Jakarta Selatan, Rabu (27/3) malam.

Selain menjadi tersangka pada pokok perkara, Kejagung juga menjerat Harvey Moeis sebagai tersangka dugaan tindak pidana pencucian uang (TPPU). “Untuk TPPU, yang bersangkutan sudah kita tetapkan tersangka TPPU ya, HM,” kata Kuntadi di kantornya, Kamis (4/4).

Dalam perkara ini, penyidik sudah melakukan beberapa penggeledahan di kediaman artis asal Bangka Belitung itu. Sejumlah asetnya pun disita, terdiri atas tujuh kendaraan mewah, jam tangan mewah hingga sejumlah dokumen penting.(Red)

Oh hi there 👋
It’s nice to meet you.

Sign up to receive awesome content in your inbox, every month.

We don’t spam! Read our privacy policy for more info.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments