Monday, June 17, 2024
HomeInternationalWorldJemaah Haji Indonesia Jalani Operasi Jantung di Madinah

Jemaah Haji Indonesia Jalani Operasi Jantung di Madinah

Media Indo Pos,Madinah – Seorang jemaah haji asal Indonesia masuk rumah sakit di Madinah, Arab Saudi, setelah mengeluhkan rasa nyeri di dada. Jemaah warga negara Indonesia (WNI) berusia 60 tahun ini, akhirnya menjalani operasi jantung di rumah sakit di Madinah dengan sukses dan telah kembali sehat untuk melanjutkan ibadah haji.

Seperti dilaporkan Saudi Press Agency (SPA), Jumat (31/5/2024), pihak Madinah Health Cluster menuturkan bahwa pria WNI berusia 60-an tahun itu tiba di bagian unit gawat darurat (UGD) dengan keluhan nyeri dada yang teramat sangat.

Pemeriksaan medis lebih lanjut menunjukkan WNI itu menderita serangan jantung. Identitas jemaah WNI ini tidak diungkap ke publik. Tim dokter, sebut Madinah Health Cluster, lantas menggunakan kateter diagnostik dalam pemeriksaan lebih lanjut dan menemukan penyumbatan darah pada tiga arteri koroner.

Keputusan diambil oleh tim dokter untuk melakukan operasi jantung terbuka atau open-heart surgery terhadap pasien WNI itu. Operasi dilakukan di Pusat Bedah dan Penyakit Jantung Madinah.

Dalam operasi tersebut, tim dokter membedah jantung dan mencangkok kemudian menempatkan arteri baru yang diambil dari bagian dada dan vena dari bagian kaki pasien.

Operasi jantung itu berlangsung sukses dan pasien WNI itu dipindahkan ke unit perawatan intensif untuk menyelesaikan perawatan medisnya. Kondisi pasien WNI itu membaik dan dia kemudian dipindahkan ke bagian rawat inap untuk tindak lanjut dan rehabilitasi.

Tidak dijelaskan lebih lanjut oleh Madinah Health Cluster soal kapan operasi jantung itu dilakukan. Namun disebutkan bahwa jemaah haji asal Indonesia itu telah sembuh dan diperbolehkan pulang dari rumah sakit.

Menurut keterangan Madinah Health Cluster, jemaah haji asal Indonesia itu meninggalkan rumah sakit dalam kondisi sehat untuk menyelesaikan ibadah hajinya.

Laporan SPA menyebut bahwa itu menjadi operasi jantung terbuka yang pertama dilakukan di Saudi pada musim haji tahun ini.(Red)

Sumber: detikcom

Oh hi there đź‘‹
It’s nice to meet you.

Sign up to receive awesome content in your inbox, every month.

We don’t spam! Read our privacy policy for more info.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments