Wednesday, June 19, 2024
HomeInternationalWorldJokowi: Indonesia Kecam Serangan Israel ke Rafah!

Jokowi: Indonesia Kecam Serangan Israel ke Rafah!

Media Indo Pos,Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengecam keras tindakan Israel yang terus menggempur wilayah Rafah, Gaza, Palestina. Jokowi mengaku akan terus mengulang pernyataan kecaman terhadap serangan Israel.

“Meskipun sudah berkali-kali saya sampaikan, tapi saya ingin mengulang lagi bahwa Indonesia mengecam keras serangan Israel ke Rafah,” kata Jokowi usai meninjau Pasar Senggol, Kota Dumai, Riau, Sabtu (1/6/2024).

Jokowi menegaskan seharusnya Israel menaati keputusan International Court of Justice (ICJ) atau Mahkamah internasional untuk menghentikan serangan di Rafah. Jokowi menyebut perintah Mahkamah Internasional itu wajib untuk ditaati Israel.

“Dan Israel mestinya memiliki kewajiban untuk menaati Mahkamah internasional, termasuk penghentian ofensif serangan ke Palestina

Mahkamah Internasional Perintahkan Israel Hentikan Serangan di Rafah
Seperti diketahui sebelumnya, Mahkamah Internasional telah memerintahkan Israel untuk menghentikan serangan mereka di Rafah. Perintah itu dinilai sebagai sebuah keputusan penting yang kemungkinan akan meningkatkan tekanan internasional terhadap Israel setelah lebih dari tujuh bulan memasuki perang Gaza.

Dilansir dari AFP, putusan itu disampaikan pada Jumat (24/5) waktu setempat. Israel didesak menghentikan serangan militernya yang menyebabkan kehancuran fisik.

Israel harus “segera menghentikan serangan militernya, dan tindakan lain apa pun di Kegubernuran Rafah, yang dapat berdampak pada kondisi kehidupan kelompok Palestina di Gaza yang dapat menyebabkan kehancuran fisik secara keseluruhan atau sebagian,” kata Mahkamah Internasional.

Selain itu, Mahkamah Internasional juga memerintahkan Israel untuk tetap membuka penyeberangan Rafah untuk memastikan akses bantuan kemanusiaan ‘tanpa hambatan’.

Israel harus “menjaga penyeberangan Rafah tetap terbuka untuk penyediaan layanan dasar dan bantuan kemanusiaan yang sangat dibutuhkan tanpa hambatan”, kata ICJ dalam keputusan yang ditunggu-tunggu.(Red)

Oh hi there 👋
It’s nice to meet you.

Sign up to receive awesome content in your inbox, every month.

We don’t spam! Read our privacy policy for more info.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments