Tuesday, June 25, 2024
HomeBerita NasionalKAMMI Minta KY Dalami Putusan MA Ubah Syarat Usia Cagub dan Cawagub

KAMMI Minta KY Dalami Putusan MA Ubah Syarat Usia Cagub dan Cawagub

Media Indo Pos,Jakarta – Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (KAMMI) mengkritik putusan Mahkamah Agung (MA) yang mengubah syarat batas usia calon gubernur (cagub) dan calon wakil gubernur (cawagub). KAMMI akan meminta Komisi Yudisial (KY) untuk mendalami putusan MA tersebut.

“Kami minta Komisi Yudisial dalami keputusan MA,” ujar Ketum PP KAMMI Ahmad Jundi kepada wartawan, Jumat (31/5/2024).

Menurutnya, tak ada yang keliru dari Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) terkait syarat umur cagub-cawagub. Menurutnya, aturan tersebut sudah sesuai dengan UU Pilkada. “Tentu publik akan sulit mengesampingkan dugaan adanya kepentingan politik putra presiden dalam putusan ini,” jelas Jundi.

Jundi menyinggung soal putusan Mahkamah Konstitusi (MK) yang mengabulkan gugatan batas usia capres-cawapres tetap 40 tahun, kecuali sudah berpengalaman sebagai kepala daerah. Dia melihat ada kemiripan pola di antara putusan MA dan MK tersebut.

“Kami pikir nalar publik hari ini belum sembuh dari cedera pada putusan MK, dan kembali dilukai dengan putusan MA yang polanya mirip,” sambungnya.

MA Kabulkan Gugatan Syarat Usia Cagub-Cawagub
Seperti diketahui, Mahkamah Agung (MA) mengabulkan gugatan yang diajukan Ketum Partai Garuda Ahmad Ridha Sabana dan kawan-kawan terhadap Pasal 4 ayat 1 huruf d PKPU Nomor 9 Tahun 2020 tentang Pencalonan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati, dan Wakil Bupati, dan/atau Wali Kota dan Wakil Wali Kota.

Dalam gugatan itu, MA mengabulkan gugatan terhadap aturan bahwa usia paling rendah untuk jabatan Gubernur dan Wakil Gubernur 30 tahun, dan batas usia 25 tahun untuk calon Bupati dan Wakil Bupati atau calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota terhitung sejak penetapan pasangan calon. Aturan yang semula usia minimal ‘terhitung sejak penetapan pasangan calon’ kemudian berubah menjadi ‘saat pelantikan’.(Red)

Oh hi there 👋
It’s nice to meet you.

Sign up to receive awesome content in your inbox, every month.

We don’t spam! Read our privacy policy for more info.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments