Friday, June 21, 2024
HomeBerita NasionalSebut Indonesia Punya Semua Energi Hijau, Jokowi Minta Transisi Dilanjutkan

Sebut Indonesia Punya Semua Energi Hijau, Jokowi Minta Transisi Dilanjutkan

Media Indo Pos,Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengungkap Indonesia memiliki kekuatan yang besar untuk mengembangkan ekonomi hijau. Ia menyebut, karena Indonesia memiliki semua sumber daya energi yang diyakini berdaya saing tinggi.

“Kita punya hampir semua jenis energi hijau, mulai dari energi panas bumi, energi surya, energi air, energi angin, dan energi ombak. Kita juga punya hasil kebun yang bisa diolah menjadi biodiesel, bioetanol, dan bioavtur,” kata dia dalam pindatonya di Upacara Hari Lahir Pancasila, dikutip dari YouTube Sekretariat Presiden, Sabtu (1/6/2024).

Dengan kekayaan alam yang luar biasa itu, Jokowi meyakini dapat mengundang investasi di industri hijau. Untuk itu dia memerintahkan bahwa transisi energi harus dilanjutkan.

“Kekuatan energi hijau ini akan mengundang industri hijau akan mengundang pembiayaan ekonomi hijau, menghasilkan green food pangan hijau dan membuka peluang-peluang bagi green jobs, menyejahterakan dan sekaligus berkelanjutan. Maka dari itu transisi energi harus dilanjutkan,” ujarnya.

Ia pun memerintahkan PT Pertamina (Persero) dan PT PLN (Persero) untuk terus melanjutkan secara bertahap transisi energi. Kedua BUMN bidang energi tersebut diminta terus mengembangkan energi hijau.

“Transisi energi harus dilanjutkan secara bertahap. Kita harus mempercepat transisi energi menuju energi hijau. Pertamina dan PLN harus terus mengembangkan energi hijau yang meningkatkan nilai tambah di dalam negeri yang menyejahterakan masyarakat menciptakan rakyat bawah yang sejalan dengan nilai-nilai Pancasila,” pungkasnya.(Red)

Oh hi there đź‘‹
It’s nice to meet you.

Sign up to receive awesome content in your inbox, every month.

We don’t spam! Read our privacy policy for more info.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments