Wednesday, June 19, 2024
HomeTNIDandim Irup Pada Upacara Hari Lahir Pancasila di Makodim 0617/Majalengka

Dandim Irup Pada Upacara Hari Lahir Pancasila di Makodim 0617/Majalengka

Media Indo Pos,Majalengka – Prajurit dan PNS TNI AD Kodim 0617/Majalengka melaksanakan upacara memperingati Hari Lahir Pancasila tahun 2024 yang diperingati setiap tanggal 1 Juni, yang bertempat di Lapangan upacara Makodim setempat Jl. KH. Abdul Halim No. 403, Kelurahan Tonjong, Kecamatan/Kabupaten Majalengka, Sabtu (1/6/2024).

Bertindak selaku Inspektur Upacara Dandim 0617/Majalengka Letkol Inf. Dudy Pilianto, S.Pd., M.I.P, sementara Komandan Upacara Danramil 1704/Talaga Kapten Inf. Subagio dan Perwira Upacara Pasilog Kodim 0617/Majalengka Letda Inf Mulyono.

Peringatan Hari Lahir Pancasila tahun 2024 dengan tema “Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas 2045″. Tema ini mengandung maksud bahwa Pancasila menyatukan dengan segala perbedaan suku, agama, budaya dan bahasa dalam menyongsong 100 tahun Indonesia Emas yang maju, mandiri dan berdaulat.

Adapun amanat, Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila Republik Indonesia yang dibacakan Dandim 0617/Majalengka mengatakan, “Pada hari ini, (tanggal) 1 Juni 2024, kita memperingati Hari Lahir Pancasila. Hari ketika Bung Karno, sebagai Proklamator Kemerdekaan, Pendiri Bangsa, pertama kali memperkenalkan Pancasila melalui pidatonya pada tahun 1945 di depan sidang Badan Penyelidik Usaha-usaha Persiapan Kemerdekaan (BPUPK).”

Lanjutnya, Pancasila sebagai dasar negara, Ideologi negara dan pandangan hidup bangsa yang digali oleh para pendiri bangsa merupakan suatu anugerah yang tiada tara dari Tuhan YME buat bangsa Indonesia.

“Dalam momentum yang sangat bersejarah ini, saya mengajak komponen bangsa di mana pun berada untuk bahu-membahu membumikan nilai-nilai Pancasila ke dalam setiap aspek kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara,” ucapnya.

Diakhir amanat, Dandim mengatakan, “Semoga peringatan Hari Lahir Pancasila ini dapat memompa semangat kita semua untuk terus mengamalkan Pancasila demi Indonesia yang maju, adil, makmur dan berwibawa di kancah dunia.”(Red)

Oh hi there đź‘‹
It’s nice to meet you.

Sign up to receive awesome content in your inbox, every month.

We don’t spam! Read our privacy policy for more info.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments