Tuesday, June 25, 2024
HomeTNIDandim Jogja Hadiri Parade Seni Budaya Lintas Suku dan Etnis Peringati Hari...

Dandim Jogja Hadiri Parade Seni Budaya Lintas Suku dan Etnis Peringati Hari Lahir Pancasila

Media Indo Pos,Yogyakarta – Dandim 0734/Kota Yogyakarta, Letkol Inf Devy Kristiono, S.E., M.Si., menghadiri kegiatan Parade Seni dan Budaya Lintas Suku dan Etnis dalam rangka memperingati Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2024 di kawasan Titik Nol Km Yogyakarta, dengan mengangkat tema “Kebersamaan Dalam Keberagaman”, yang diselenggarakan oleh Forum Pembauran Kebangsaan (FPK) Kota Yogyakarta dengan penanggung jawab Ketua FPK Kota Yogyakarta, Sabtu (01/06/2024).

Hadir dalam kegiatan tersebut, di antaranya Pj. Wali Kota Yogyakarta Ir. Sugeng Purwanto, M.MA., Kepala Bakesbangpol DIY/Plt. Asisten Pemerintahan dan Umum Sekda DIY Dewo Isnu Broto Imam Santoso, S.H., Ketua DPRD Kota Yogyakarta H. Danang Rudyatmoko, Dandim 0734/Kota Yogyakarta Letkol Inf. Devy Kristiono, SE., M.Si., Kapolresta Kota Yogyakarta Kombes Pol Aditya Surya Dharma, S.IK., M.H., Sekda Kota Yogyakarta Ir. Aman Yuriadijaya, M.M., Kepala Bakesbangpol Kota Yogyakarta Nindyo Dewanto, S.H., M.Hum., Korwil Binda Kota Yogyakarta AKBP Sugiyono, S.Pd., M.Si., beserta tamu undangan lainnya yang terdiri dari Forkopimtren Gondomanan.

Pada kesempatan tersebut, Ketua FPK Kota Yogyakarta Paulus Wahyu Susanto, S.Sos., memberikan sambutan bahwa FPK Kota Yogyakarta melaksanakan program kegiatan bercirikan pada pembauran antar suku/etnis yang ada di Kota Yogyakarta. Oleh karenanya, pengurus FPK Kota Yogyakarta terdiri dari suku dan etnis antara lain dari Bali, NTT, Papua, Sulawesi, Ambon, Aceh, Madura, Minang, Etnis Tionghoa dan Keturunan Arab yang ada di Kota Yogyakarta.

Selain itu, PJ. Wali Kota Yogyakarta Sugeng Purwanto mengatakan, bahwa kegiatan Parade Seni dan Budaya Lintas Suku/Etnis tahun 2024 ini dilaksanakan bertepatan dengan Hari Kelahiran Pancasila.

“Forum Pembauran Kebangsaan (FPK) Kota Yogyakarta merupakan bagian penting dari kerukunan nasional dan sebagai upaya dalam meningkatkan kesatuan dan persatuan bangsa, serta guna memperkokoh integritas nasional dalam menegakan kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) yang berdasarkan Pancasila,” tambahnya

“Kota Yogyakarta dikenal sebagai kota pelajar, pariwisata dan budaya dengan berkumpulnya berbagai suku dan etnis dari berbagai wilayah terutama para mahasiswa/i yang menuntut ilmu di Kota Yogyakarta ini membuat keberagaman menjadi perhatian guna menjadi aset yang dikelola secara baik, sehingga diharapkan secara alami terjadi pembauran suku, ras dan golongan serta etnis baik melalui interaksi secara individu maupun kelompok,” tegasnya

Parade Seni dan Budaya Lintas Suku/Etnis tahun 2024 ini diikuti oleh kelompok seni dan budaya dari Sumatera Barat, Jawa Barat, Maluku, Sulawesi Tengah, Kepulauan Riau, Papua Tengah, Bali, Kalimantan Timur, D.I. Yogyakarta dan etnis Tionghoa, serta  tahun ini dimeriahkan oleh Drum Band Gita Dirgantara Akademi Angkatan Udara Yogyakarta.

“Parade Seni Budaya yang diselenggarakan hari ini adalah bukti nyata dari Kebhinekaan kita. Melalui tarian, musik dan berbagai ekspresi budaya lainnya, kita bisa melihat betapa kayanya warisan budaya yang dimiliki oleh setiap suku dan etnis di Indonesia. Setiap penampilan yang disuguhkan bukan hanya hiburan semata, tetapi merupakan sarana untuk lebih memahami dan menghargai perbedaan yang ada di antara kita.”

“Dengan adanya acara ini, kami berharap dapat mempererat tali persaudaraan dan menumbuhkan rasa cinta kepada tanah air. Selain itu, kami juga berharap bahwa kegiatan ini dapat terus menegaskan bahwa masyarakat di Kota Yogyakarta mampu hidup berdampingan dengan harmonis dalam berbagai keragaman,” pungkasnya.

Adapun Peserta Parade Seni dan Budaya Lintas Suku dan Etnis antara lain Kontingen Parade dari Etnis Tionghoa, Drumband AAU Gita Dirgantara, Kontingen Purna Paskibraka Kota Yogyakarta, Kontingen Parade dari DIY, Kontingen Parade dari Sumatera Barat, Kontingen Parade dari Maluku, Kontingen Parade dari Sulawesi Barat, Kontingen Parade dari Bali, Kontingen Parade dari Jawa Barat, Kontingen Parade dari Kepulauan Riau, Kontingen Parade dari Papua dan yang terakhir Kontingen Parade dari Kalimantan Timur.(Red)

Oh hi there 👋
It’s nice to meet you.

Sign up to receive awesome content in your inbox, every month.

We don’t spam! Read our privacy policy for more info.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments