Wednesday, June 19, 2024
HomeBerita JatimFakta Malam Mencekam di Suramadu Berujung 18 Orang Jadi Tersangka

Fakta Malam Mencekam di Suramadu Berujung 18 Orang Jadi Tersangka

Media Indo Pos,Surabaya – Kawasan Jembatan Suramadu berubah menjadi mencekam pada Jumat (31/5) malam. Sejumlah orang membawa batu dan botol berkerumun di Jembatan Suramadu usai laga Madura United Vs Persib di Final Championship Series Liga 1 2023/2024 yang digelar di Stadion Gelora Bangkalan.

Mereka hendak mengadang bus yang memuat Tim Persib Bandung. Malam ini pun begitu panjang. Polisi berjaga di lokasi membubarkan massa yang bergerombol.

Diketahui, Persib Bandung memastikan diri sebagai juara Liga 1 2023/2024. Kepastian itu didapat usai Persib menaklukkan Madura United dengan skor 3-1 di leg kedua. Dengan demikian, Persib unggul agregat 6-1 dari Madura United.

Huru-hara pun tak terhindarkan. Polisi akhirnya mengamankan puluhan oknum suporter tersebut. Saat ini, polisi menetapkan 18 oknum menjadi tersangka. Berikut 5 fakta malam mencekam di Suramadu berujung 18 orang jadi tersangka:

1. Detik-detik Kericuhan
Pantauan, Jumat malam, tampak polisi bersiaga di lokasi. Sejumlah truk dan kendaraan taktis polisi hilir mudik di jalanan Kedung Cowek Surabaya arah Jembatan Suramadu. Jalanan itu membiru karena lampu strobo disertai dengan sirene menambah suasana tegang.

Massa menolak bubar. Polisi pun terpaksa memukul mundur mereka yang berupaya melawan dengan mengerahkan pasukan pengendali massa (Dalmas) yang dilengkapi peralatan tameng dan pentungan.

Situasi kaos terjadi. Sejumlah massa berupaya melawan polisi dengan melemparkan barang-barang berbahaya yang telah mereka siapkan diduga untuk menyerang bus Tim Persib Bandung. Batu dan botol kaca melayang, gas air membuat mata pedih.

Kericuhan pecah karena massa yang membawa batu dan botol berkumpul di sekitar Suramadu diduga hendak menghadang bus Persib Bandung usai laga final Liga 1. Karena hal ini, petugas melakukan pengamanan dengan dengan memukul mundur massa.

2. Puluhan Orang Diamankan
Polisi pun mengamankan puluhan oknum yang berbuat onar ini.

“Saat proses pengamanan, ada puluhan orang yang kami amankan,” ujar Kapolres Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya AKBP William Cornelis Tanasale kepada awak media, Sabtu (1/6/2024).

Kasat Reskrim Polres Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya Iptu M Prasetya mengatakan total ada 34 orang yang ditangkap saat kericuhan pecah.

“Ada 34 oknum suporter yang kami amankan,” beber Prasetya.

3. Polisi Dalami Motifnya
Prasetya enggan membeberkan lebih lanjut soal puluhan orang yang telah diamankan. Sebab saat ini, mereka masih diperiksa secara intensif terkait peran dan motif melakukan penghadangan.

“Masih kami dalami peran dan dari pihak oknum suporter mana, untuk detailnya akan kami sampaikan lebih lanjut,” tambah Prasetya.

4. 18 Oknum Suporter Jadi Tersangka
Prasetya mengatakan, pihaknya menetapkan 18 orang menjaid tersangka, 11 di antaranya adalah anak di bawah umur.

“Berdasarkan hasil gelar perkara kami telah menetapkan 18 orang sebagai tersangka. Lainnya masih kami lakukan pendalaman dan kami wajib laporkan,” ujar Prasetya kepada awak media, Minggu (2/6/2024).

5. Polisi juga Amankan Barang Bukti
Prasetya mengatakan pihaknya juga mengamankan beberapa barang bukti yang digunakan saat kericuhan itu. Sejumlah barang bukti itu di antaranya adalah kayu.

“Yang kami lakukan penahanan saat ini 18 orang dari wilayah Surabaya. Perannya masing-masing akan disampaikan Senin (3/5) secara detail saat rilis, ada beberapa barang bukti yang diamankan,” tukasnya.(Red)

Oh hi there 👋
It’s nice to meet you.

Sign up to receive awesome content in your inbox, every month.

We don’t spam! Read our privacy policy for more info.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments