Saturday, June 22, 2024
HomeTNIPeduli Lingkungan, Kolaborasi Warga dan Babinsa Wates Wetan Normalisasi Selokan di Dusun...

Peduli Lingkungan, Kolaborasi Warga dan Babinsa Wates Wetan Normalisasi Selokan di Dusun Masjid

Media Indo Pos,Lumajang – Dalam upaya menjaga kebersihan dan kesehatan lingkungan, Babinsa Wates Wetan Koramil 0821/06 Ranuyoso Koptu Mohammad Sidik bersama warga Dusun Masjid melaksanakan kerja bakti pembersihan dan normalisasi selokan di sepanjang kanan kiri ruas jalan sepanjang 200 meter di Dusun Masjid RT. 003/RW. 001, Desa Wates Wetan, Kecamatan Ranuyoso, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Senin (3/6/2024).

Dalam kesempatan itu, Koptu Sidik mengatakan, kegiatan yang dilakukan bertujuan mengembalikan atau mempertahankan keadaan alami selokan agar tidak rusak oleh material tanah yang mengendap. Normalisasi selokan ini merupakan langkah preventif yang penting untuk mencegah banjir dan penyebaran penyakit. Selokan yang bersih dan terawat akan mengurangi risiko menjadi sarang nyamuk dan sumber penyakit lainnya.

“Tujuan dari normalisasi ini adalah mengembalikan atau mempertahankan keadaan alami selokan agar tidak rusak oleh material tanah yang mengendap, sehingga tidak dapat menimbulkan penyakit,” kata Koptu Sidik.

Dalam kerja bakti itu, warga bersama Koptu Sidik bahu-membahu membersihkan selokan dari sampah dan lumpur yang mengendap. Partisipasi aktif dari masyarakat menunjukkan kepedulian yang tinggi terhadap kebersihan lingkungan sekitar.

Ia juga menambahkan, bahwa kegiatan tersebut tidak hanya berfokus pada pembersihan fisik, tetapi juga sebagai sarana edukasi bagi masyarakat tentang pentingnya menjaga kebersihan lingkungan, untuk dapat rutin dilaksanakan agar lingkungan tetap bersih dan sehat.

Kepala Dusun Masjid Hariyanto menyambut baik inisiatif warga dan berterima kasih atas perhatian dan bantuan dari Babinsa Wates Wetan, yang turut andil dalam kegiatan normalisasi selokan di Dusun Masjid dapat terlaksana.

“Kami sangat mendukung kegiatan ini karena memberikan dampak positif langsung bagi kesehatan dan kenyamanan kami sehari-hari. Dan keberhasilan kegiatan ini juga menunjukkan pentingnya kolaborasi antara aparat desa dan masyarakat dalam mewujudkan lingkungan yang bersih dan sehat,” pungkasnya.(Red)

Oh hi there 👋
It’s nice to meet you.

Sign up to receive awesome content in your inbox, every month.

We don’t spam! Read our privacy policy for more info.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments