Friday, June 21, 2024
HomeBerita NasionalSBY Puji Pidato Prabowo Soal Gaza di Forum Dunia

SBY Puji Pidato Prabowo Soal Gaza di Forum Dunia

Media Indo Pos,Jakarta – Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) memuji pidato Menhan yang juga Presiden terpilih RI Prabowo Subianto di forum Shangri-La Dialogue 2024 di Singapura. SBY menilai komitmen Prabowo soal Palestina direspons positif banyak kalangan. Hal itu disampaikan SBY melalui akun resmi X @SBYudhoyono yang diunggah, Senin (3/6/2024). SBY mengatakan pidato Prabowo ‘strong and also beautiful’

“Pidato Menhan Prabowo Subianto, yang juga Presiden Indonesia Terpilih di forum Shangri-La Dialogue 2024 di Singapura “strong and also beautiful”. Pidato tersebut mendapatkan respons yang umumnya positif dari banyak kalangan. Thanks Pak Prabowo,” tulis SBY.

“Pernyataan beliau yang banyak mendapatkan dukungan adalah intinya, perlunya segera diwujudkan negara Palestina yang merdeka dan berdaulat, dalam konsep ‘two-state solution’. Juga mendesak dilakukannya gencatan senjata dan pengakhiran perang di Gaza. Juga kesiapan Indonesia untuk mengirimkan peacekeeping force dan medical unit untuk perawatan dan evakuasi penduduk Palestina yang terluka akibat ofensif Israel,” lanjutnya.

SBY menilai hal itu menunjukkan keteguhan sikap, sekaligus inisiatif dari pemimpin Indonesia mengatasi perang di Gaza. SBY mengatakan komitmen yang disampaikan Prabowo juga menunjukkan aksi nyata Indonesia sebagai bagian dari solusi.

“Sebagai warga negara Indonesia dan sekaligus mantan presiden, saya bangga dan mendukung penuh langkah Pak Prabowo. Waktu masih memimpin Indonesia, saya juga pernah mengirimkan pasukan pemelihara perdamaian ke perbatasan Lebanon-Israel (tahun 2006 hingga sekarang). Inisiatif untuk mengirimkan Indonesian Peacekeeping Force itu saya sampaikan dalam pertemuan puncak OKI di Kuala Lumpur, dan waktu itu mendapatkan dukungan yang kuat dari banyak kalangan,” kata SBY.

SBY mengatakan Prabowo sudah berada di jalur yang tepat. SBY mengatakan akan memberi dukungan kepada pemimpin Indonesia.

“Sekarang, sebagai seorang yang tidak lagi di pemerintahan dan tentu tidak punya kekuasaan (power) untuk melakukan tindakan diplomasi, saya perlu secara eksplisit memberikan dukungan kepada pemimpin Indonesia dan juga sekali-sekali menyampaikan pesan moral dan pemikiran kepada dunia,” kata SBY.

“Pak Prabowo, ‘you are on the right track’ dan telah menjadi ‘foreign policy President’. Good luck and carry on!” lanjutnya.

Sebelumnya, Prabowo tampil sebagai pembicara dalam sesi Special Address pada forum The International Institute for Strategic Studies (IISS) Shangri-La Dialogue 2024. Dalam pidatonya, Prabowo menyoroti sejumlah isu strategis keamanan global yang menjadi perhatian dunia saat ini.

Salah satu yang dibahas Prabowo yakni soal Indonesia akan terus berupaya untuk memberikan bantuan ke Gaza dan jika diperlukan dan diminta oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) untuk mengirimkan pasukan penjaga perdamaian. Dia juga siap mengirimkan tenaga medis untuk mengevakuasi warga Palestina.

“Kami telah bersiap untuk melakukan apa pun yang kami bisa untuk memberikan bantuan kemanusiaan sebagaimana diperlukan dan ketika diminta oleh PBB kami siap untuk menyumbangkan pasukan penjaga perdamaian yang signifikan untuk mempertahankan dan memantau upaya gencatan senjata ini serta memberikan perlindungan dan keamanan kepada semua orang,” ujar Prabowo dalam forum IISS di Hotel Shangri-La, Singapura, Sabtu (1/6/2024).

“Kami juga siap segera mengirimkan tenaga medis untuk mengoperasikan rumah sakit lapangan di Gaza dengan persetujuan semua pihak. Indonesia juga sangat bersedia mengevakuasi dan merawat warga Palestina yang terluka dan yang membutuhkan perawatan di rumah sakit Indonesia. Kami bersedia mengevakuasi hingga 1.000 pasien dalam waktu dekat jika situasi memungkinkan,” lanjut Prabowo.(Red)

Oh hi there đź‘‹
It’s nice to meet you.

Sign up to receive awesome content in your inbox, every month.

We don’t spam! Read our privacy policy for more info.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments