Friday, June 21, 2024
HomeTNIPendampingan Pertanian, Pencarian Sumber Mata Air untuk Pengairan Lahan Sawah di Dusun...

Pendampingan Pertanian, Pencarian Sumber Mata Air untuk Pengairan Lahan Sawah di Dusun Jerukan

Media Indo Pos,Lumajang – Babinsa Tunjung Koramil 0821/07 Randuagung, Serda Ferik Sasmita, bersama tim yang terdiri dari PPL Desa Tunjung dan Ketua Kelompok Tani (Poktan), Abadi, melakukan pengecekan dan pencarian sumber mata air di Dusun Jerukan RT. 003/RW. 007, Desa Tunjung, Kecamatan Randuagung, Selasa (4/6/2024).

Dalam kesempatan itu, Serda Ferik mengatakan, bahwa kegiatan tersebut bertujuan memastikan ketersediaan air bagi lahan sawah bagi para petani di Dusun Jerukan.

“Dengan dilaksanakan pengecekan adalah untuk pencarian sumber mata air yang akan dibuat sumur bor, yang tujuannya untuk pengairan di lahan sawah para petani di Dusun Jerukan dapat tercukupi,” ujar Serda Ferik.

Pendampingan tersebut merupakan bagian dari upaya berkelanjutan Koramil 0821/07 Randuagung dalam mendukung ketahanan pangan di wilayahnya. Pencarian sumber mata air diharapkan dapat memberikan solusi atas masalah pengairan yang sering dihadapi petani, terutama di musim kemarau.

Serda Ferik menambahkan, ketersediaan air yang cukup akan sangat membantu meningkatkan produktivitas lahan sawah dan kesejahteraan para petani di Dusun Jerukan. Dengan adanya sumur bor, para petani tidak perlu lagi khawatir tentang kekeringan yang dapat mengganggu pertumbuhan padi.

Selain itu, PPL Desa Tunjung, Faisol, juga menyampaikan apresiasinya terhadap kerja sama yang baik antara Babinsa, pemerintah desa dan kelompok tani Abadi.

“Kolaborasi ini menunjukkan komitmen kami dalam meningkatkan taraf hidup petani melalui berbagai program dan inovasi di sektor pertanian dengan pengairan yang memadai,” kata Faisol.

Sementara itu, Ketua Poktan Abadi, Sukir, menyatakan, bahwa pencarian sumber mata air sangat dinantikan para petani, yang pada akhirnya diharapkan dapat meningkatkan ketahanan pangan dan kesejahteraan masyarakat Desa Tunjung.

“Kami berharap dengan adanya sumur bor ini, lahan sawah kami bisa terus produktif sepanjang tahun dan hasil panen kami meningkat, sebagai salah satu langkah nyata dalam mewujudkan pertanian yang berkelanjutan dan mandiri,” pungkasnya.(Red)

Oh hi there 👋
It’s nice to meet you.

Sign up to receive awesome content in your inbox, every month.

We don’t spam! Read our privacy policy for more info.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments