Friday, June 14, 2024
HomeInternationalWorldPesta Pernikahan Berdarah, 20 Orang Tewas Akibat Serangan Junta Militer Myanmar

Pesta Pernikahan Berdarah, 20 Orang Tewas Akibat Serangan Junta Militer Myanmar

Media Indo Pos,Naypyitaw – Puluhan warga sipil tewas atau mengalami luka-luka akibat serangan udara junta militer Myanmar terhadap sebuah pesta pernikahan di wilayah Sagaing, Myanmar. Pesta pernikahan yang digempur serangan itu digelar di wilayah yang menjadi basis gerakan perlawanan terhadap junta Myanmar.

Seperti dilansir dari The Star, Selasa (4/6/2024), juru bicara gerakan perlawanan terhadap junta Myanmar, Pasukan Pertahanan Rakyat (PDF), menuturkan bahwa serangan udara yang dilancarkan oleh junta militer Myanmar itu menghantam area permukiman di area Mingin.

Menurut juru bicara PDF, sedikitnya 20 orang tewas akibat serangan udara yang dilancarkan junta militer Myanmar yang merebut kekuasaan melalui kudeta pada Februari 2021 lalu,

Disebutkan juga bahwa sekitar 30 orang lainnya mengalami luka parah akibat serangan yang sama pada Senin (3/6) waktu setempat. Dilaporkan terdapat wanita dan anak-anak di antara korban jiwa dalam serangan tersebut.

Juru bicara PDF menuturkan bahwa serangan udara dilancarkan ketika orang-orang mulai berkumpul untuk menghadiri sebuah pesta pernikahan di area tersebut pada Senin (3/6) pagi waktu setempat.

Setelah awalnya melakukan pengeboman dari udara, sebut juru bicara PDF itu, junta militer Myanmar menindaklanjutinya dengan senjata berat.

Hal tersebut, menurut laporan media-media lokal Myanmar, menghalangi bantuan medis diberikan kepada para korban luka dan mencegah evakuasi jenazah-jenazah di lokasi kejadian.

Salah satu laporan media lokal menyebut bahwa mempelai wanita dalam pernikahan yang digempur junta Myanmar itu merupakan anggota kelompok PDF setempat.

Sang mempelai wanita dan sang mempelai pria dilaporkan terbunuh dalam serangan udara tersebut. Namun informasi-informasi itu belum bisa diverifikasi secara independen.

Mingin yang menjadi lokasi serangan udara itu, diketahui terletak di wilayah Myanmar bagian barat. Wilayah Mingin muncul sebagai basis PDF beberapa waktu terakhir.

Junta militer Myanmar secara rutin melancarkan serangan udara terhadap kelompok-kelompok perlawanan yang menentang kepemimpinan mereka di negara tersebut. Namun seringkali, serangan-serangan junta Myanmar menewaskan dan melukai banyak warga sipil.

Pertempuran sengit menyelimuti sejumlah wilayah Myanmar sejak kudeta militer terjadi sekitar tiga tahun lalu, dengan kelompok-kelompok etnis bersenjata — yang beberapa terkait dengan China — bertempur melawan pasukan junta militer.

Dewan Penasihat Khusus, yang terdiri atas para pakar internasional independen, mengatakan dalam laporan terbaru yang dirilis pekan lalu bahwa junta militer Myanmar telah sepenuhnya kehilangan kendali atas otoritas-otoritas lokal yang mencakup 86 persen wilayah negara tersebut dan menjadi tempat tinggal bagi 67 persen populasi Myanmar.(Red)

Oh hi there đź‘‹
It’s nice to meet you.

Sign up to receive awesome content in your inbox, every month.

We don’t spam! Read our privacy policy for more info.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments