Friday, June 21, 2024
HomeBerita NasionalSri Mulyani: Program Makan Bergizi Bisa Dongkrak Ekonomi

Sri Mulyani: Program Makan Bergizi Bisa Dongkrak Ekonomi

Media Indo Pos,Jakarta – Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan program makanan bergizi menjadi salah satu yang bisa mendongkrak ekonomi negara. Hal ini karena sumber daya manusia (SDM) menjadi kunci untuk mewujudkan visi Indonesia emas 2045.

Ia menerangkan dalam mewujudkan visi Indonesia emas 2045, diperlukan pertumbuhan ekonomi sebesar 6% sampai 8%. Untuk mencapai itu investasi pada sumber daya manusia diyakini bisa menciptakan nilai tambah yang tinggi bagi perekonomian.

“Dengan demikian program perbaikan sumber daya manusia termasuk melalui program makanan bergizi dan perbaikan reformasi kesehatan, perbaikan kualitas pendidikan, serta penyempurnaan jaring pengaman sosial menjadi sangat penting dalam meningkatkan produktivitas sumber daya manusia Indonesia,” kata Sri Mulyani dalam Rapat Paripurna DPR RI ke-19 Masa Persidangan V Tahun Sidang 2023-2024, Selasa (4/6/2024).

Sri Mulyani memberikan contoh negara maju yang juga mengedepankan investasi pada SDM yakni Korea Selatan. Berkat investasinya pada SDM-nya, produktivitas masyarakatnya menjadi tinggi.

“Kita belajar dari negara-negara yang berhasil menjadi negara maju dan bisa menghindar dari middle income trap seperti Korea Selatan maka diperlukan produktivitas tinggi yang konsisten dalam 15 tahun menuju negara maju investasi dan peranan sektor manufaktur di Korea Selatan tumbuh di atas 10% setiap tahunnya,” jelas dia.

Selain itu, Sri Mulyani juga mencontohkan pengalaman Taiwan untuk menjadi negara maju, investasinya bahkan tumbuh 20% dan sektor manufaktur tumbuh di atas 8%.

“Hal ini menunjukkan selain kualitas dan produktivitas dari sumber daya manusia maka perbaikan iklim investasi untuk meningkatkan peranan investasi dan pertumbuhan sektor manufaktur menjadi sangat kunci bagi perjalanan menuju Indonesia emas,” pungkasnya.(Red)

Oh hi there đź‘‹
It’s nice to meet you.

Sign up to receive awesome content in your inbox, every month.

We don’t spam! Read our privacy policy for more info.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments