Wednesday, June 19, 2024
HomeSportErick Thohir Tanggapi Usulan Putra Nababan, Timnas 60% Pemain Lokal

Erick Thohir Tanggapi Usulan Putra Nababan, Timnas 60% Pemain Lokal

Media Indo Pos,Jakarta – Ketum PSSI Erick Thohir menanggapi usulan anggota Komisi X DPR RI, Putra Nababan yang ingin skuad Timnas Indonesia harus diisi oleh 60 persen pemain-pemain lokal. Ini katanya!

Putra Nababan melemparkan kritikan atas maraknya pemain keturunan yang dinaturalisasi untuk memperkuat Timnas Indonesia. Dalam catatan Putra, sudah ada 11 pemain keturunan yang dinaturalisasi atas permohonan PSSI.

Putra bicara saat menghadiri sidang Komisi X yang sedang membahas permohonan naturalisasi Calvin Verdonk dan Jens Raven, Senin (3/6/2024). Ia menyoroti mulai terpinggirkannya para pemain lokal atas kehadiran pemain keturunan.

“Ya kan opini itu sah, pak Putra Nababan saya kenal baik, dia juga tokoh nasional. Nah, itulah yang kita perbaiki kan nasionalisasi adalah pemain berdarah Indonesia. Mungkin banyak teman-teman yang persepsinya seakan-akan nasionalisasi kita seperti yang lalu-lalu,” kata Erick Thohir kepada wartawan.

“Ada pemain U-17 kita, U-20 kita, kemarin bapak-ibunya orang Afrika, Sudan. Bapak Ibunya sudah dan lahir di sini, punya KTP, dan yang lainnya. Dia orang apa? Ya orang kita, dia lahir di sini,” ujarnya menambahkan.

Seperti yang sudah-sudah diutarakannya, Erick Thohir menyebut bahwa fenomena timnas diperkuat pemain keturunan sudah hal yang lumrah di sepakbola. Ia kembali menegaskan bahwa naturalisasi yang gencar dilakukan PSSI hanya untuk pemain berdarah Indonesia.

Pemain-pemain yang punya kualitas dan mau memperkuat Indonesia terus digoda untuk menjadi Warga Negara Indonesia (WNI). Hal ini menjadi strategi PSSI untuk meningkatkan kualitas Garuda agar bisa bersaing di pentas internasional.

“Jadi kita juga mesti membuka wacana bahwa olahraga ini semakin global, tetapi kita punya strategi besar bahwa namanya naturalisasi adalah pemain berdarah Indonesia dan kepentingan tim nasional bukan klub,” tutur Erick Thohir.

“Dulu pemain naturalisasi kepentingan klub, begitu dinaturalisasi dipakai di tim nasional ogah-ogahan, tetapi main di klub dan kualitasnya tidak standar tim nasional. Nah ini tidak bisa, memang sepakbola ini rumit dan perlu diperbaiki,” ucapnya.(Red)

Oh hi there đź‘‹
It’s nice to meet you.

Sign up to receive awesome content in your inbox, every month.

We don’t spam! Read our privacy policy for more info.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments