Friday, June 14, 2024
HomeBerita NasionalJokowi Sebut Tol Jadi Agustus, Balikpapan ke IKN Ngebut 30 Menit!

Jokowi Sebut Tol Jadi Agustus, Balikpapan ke IKN Ngebut 30 Menit!

Media Indo Pos,Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan saat ini perjalanan ke Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur memang butuh waktu yang lama. Hal ini terjadi karena belum ada tol yang menghubungkan IKN ke kota-kota di dekatnya.

Dari Balikpapan sebagai kota terdekat saja butuh 2 jam waktu perjalanan ke IKN. Menurutnya, hal ini sering dikeluhkan orang-orang yang berkunjung ke IKN.

“Karena yang hadir di sini banyak dari Jakarta, perlu saya beritahu, karena mungkin bapak ibu saat mendarat di Balikpapan kemudian menuju Ibu Kota Nusantara sekarang masih memerlukan waktu dua jam, kelihatan jauh sekali,” kata Jokowi saat melakukan groundbreaking Nusantara Sustainability Hub, Rabu (5/6/2024).

Namun Jokowi menjamin saat tol selesai nanti waktu tempuh bakal jauh lebih cepat. Dia mengatakan tol IKN bakal kelar awal Agustus, nantinya dari Balikpapan ke Samarinda hanya butuh 30 menit saja waktu perjalanannya.

“Tapi bapak ibu ke sini lagi nanti awal Agustus, begitu jalan tolnya jadi, dari Balikpapan menuju ke IKN kira-kira kalau ngebut 30 menit, kalau nggak ngebut ya 40 menit,” kata Jokowi.

Malah nantinya ke pusat ibu kota baru bakal makin cepat bila Bandara VVIP IKN sudah selesai. Bila naik pesawat turun di bandara tersebut, cuma butuh waktu tempuh 15 menit untuk menuju pusat kota Nusantara.

“Dan nanti di awal Agustus Airport Nusantara selesai, bapak/ibu pengen mendarat di Nusantara airport ke sini hanya kurang lebih 15 menit. Ini akan berubah semuanya,” sebut Jokowi.

Jokowi sendiri cukup intens bolak-balik ke IKN, katanya sudah lebih dari 10 kali dirinya meninjau ibu kota baru Indonesia itu. Saking seringnya waktu tempuh yang lama itu sudah tidak terasa jauh baginya.

“Kalau sekarang saya ke sini mungkin sudah lebih dari 10 kali, sudah meskipun muter tapi juga masih, menurut saya, masih kelihatan dekat. Tapi kalau bapak ibu pertama kali ke sini atau dua kali ke sini, terasa jauh sekali, kok nggak sampai-sampai,” tutur Jokowi.(Red)

Oh hi there đź‘‹
It’s nice to meet you.

Sign up to receive awesome content in your inbox, every month.

We don’t spam! Read our privacy policy for more info.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments