Friday, June 21, 2024
HomeTNIKolaborasi Babinsa dan Babinkamtibmas Giatkan Pendampingan Dalam Upaya Menjaga Hewan Ternak di...

Kolaborasi Babinsa dan Babinkamtibmas Giatkan Pendampingan Dalam Upaya Menjaga Hewan Ternak di Tempeh Tengah

Media Inda Pos,Lumajang – Dalam upaya memastikan kondisi ternak tetap sehat, Babinsa Tempeh Tengah Koramil 0821/10 Tempeh Serda Basuki bersama Babinkamtibmas Tempeh Tengah Polsek Tempeh Bripka Dony Febrianto melaksanakan pendampingan pengecekan dan pemberian vaksin PMK kepada hewan ternak milik warga, di Dusun Kebonan dan Dusun Krajan Timur, Desa Tempeh Tengah, Kecamatan Tempeh, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Rabu (5/6/2024).

Dalam kesempatan itu, Serda Basuki mengatakan, bahwa kolaborasi antara Babinsa dan Babinkamtibmas menunjukkan sinergi yang kuat antara TNI dan Polri dalam menjaga kesehatan hewan ternak serta memberikan rasa aman bagi masyarakat. Keberadaan mereka tidak hanya dalam aspek keamanan dan ketertiban, tetapi juga dalam upaya pencegahan penyakit yang dapat merugikan para peternak.

“Pendampingan ini akan terus kami lakukan dengan Kolaborasi bersama Babinkamtibmas sebagai bentuk sinergi untuk memonitor dan mengecek, terhadap kesehatan hewan ternak di wilayah. Disamping dilakukan pemberian vaksin PMK kami mengimbai kepada warga harus tetap dilakukan untuk memantau kesehatan hewan dan mematuhi petugas penyuluh, sehingga hewan ternak tetap aman dalam kondisi apapun,” ujar Serda Basuki.

Dalam kegiatan selama dua hari yang dilaksanakan, petugas dari Pusat Kesehatan Hewan (Puskeswan) Kunir Hariyanto bersama Tim memberikan vaksin PMK kepada hewan ternak. Tercatat sebanyak 85 ekor sapi, 63 ekor kambing dan 41 ekor domba menerima vaksin.

Kegiatan itu mendapat apresiasi dari warga setempat. Para peternak merasa terbantu dengan adanya pendampingan dan pemberian vaksin ini, yang menunjukkan perhatian pemerintah terhadap kesehatan ternak mereka.

Bripka Dony menambahkan, dengan adanya langkah preventif tersebut, diharapkan wabah PMK tidak kembali muncul dan para peternak bisa lebih tenang, serta produktif dalam mengelola ternak mereka.

“Kami, Babinkamtibmas dan Babinsa berkomitmen untuk terus mendukung dan memantau kesehatan ternak di wilayah mereka sebagai bagian dari tugas dan tanggung jawab mereka kepada masyarakat. Kerja sama seperti ini diharapkan dapat menjadi upaya preventif dan responsif terhadap berbagai potensi ancaman kesehatan, baik bagi manusia maupun hewan,” pungkasnya.(Red)

Oh hi there 👋
It’s nice to meet you.

Sign up to receive awesome content in your inbox, every month.

We don’t spam! Read our privacy policy for more info.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments