Tuesday, June 25, 2024
HomeInternationalWorldMenlu Retno Minta Israel Patuhi Keputusan ICC, Dorong Gencatan Senjata Permanen

Menlu Retno Minta Israel Patuhi Keputusan ICC, Dorong Gencatan Senjata Permanen

Media Indo Pos,Jakarta – Menlu RI Retno Marsudi mengatakan pihak Indonesia konsisten untuk memperjuangkan kemerdekaan Palestina. Retno meminta Israel untuk mematuhi Mahkamah Pidana Internasional (International Criminal Court atau ICC).

“Kita patut bersyukur bahwa Indonesia dapat secara konsisten memegang prinsip dan nilai-nilai universal, memegang amanah konstitusi sehingga dapat terus mendukung perjuangan Palestina,” kata Retno dalam rapat dengan Komisi I DPR RI, Rabu (5/6/2024).

Retno mendesak Israel untuk mematuhi keputusan ICC. Indonesia juga mendorong adanya gencatan senjata di Palestina. “Kita mendesak agar semua keputusan ICC dipatuhi oleh Israel,” kata Retno.

“Pertama mendorong terciptanya gencatan senjata segera dan permanen, tanpa cease fire, upaya perbaikan situasi tidak akan terwujud,” sambungnya.

Retno juga menyinggung proposal yang disampaikan oleh Presiden Amerika Serikat Joe Biden. Ia menyebut pihaknya juga menunggu respons dari Israel.

“Sebagai laporan juga 31 Mei lalu Presiden Biden telah menyampaikan proposal mengenai gencatan senjata yang terbagi dalam tiga tahap. Isu cease fire inilah yang sudah terus diperjuangkan Indonesia dari sejak awal dan kita akan melihat bagaimana Israel menanggapi usulan dari Presiden Biden ini,” katanya.

Retno juga menyatakan bantuan untuk United Nations Relief and Works Agency for Palestine Refugees in the Near East (UNRWA) terus ditingkatkan. Menlu berharap proses keanggotaan Palestina di PBB dapat segera dirampungkan.

“Harapan kita pada saatnya Dewan Keamanan PBB dapat membuat sebuah keputusan yang dapat memaksa Israel untuk patuh menjalankan keputusan ICC. Keempat, terus mendorong lebih banyak negara mengakui negara Palestina,” ujar Retno.

“Kelima, terus berupaya agar proses keanggotaan Palestina di PBB dapat segera dirampungkan dan keenam dan ini sangat penting, terus mendorong agar implementasi two state solution dapat dijalankan,” imbuhnya.(Red)

Oh hi there 👋
It’s nice to meet you.

Sign up to receive awesome content in your inbox, every month.

We don’t spam! Read our privacy policy for more info.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments