Monday, June 17, 2024
HomeBisnisFinanceMenteri PPN Minta Sri Mulyani Turunkan Defisit APBN Prabowo

Menteri PPN Minta Sri Mulyani Turunkan Defisit APBN Prabowo

Media Indo Pos,Jakarta – Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN/Bappenas) Suharso Monoarfa meminta Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati menurunkan target defisit APBN 2025 menjadi 1,5% sampai 1,8%. Target tersebut di bawah angka yang disampaikan Sri Mulyani yang sebesar 2,45% sampai 2,82%.

“Kami berharap Buk Menkeu dan komisi XI, kalau memang itu disepakati, kita inginkan defisit itu bisa lebih turun lagi, anara 1,5% sampai 1,8%, sehingga ada ruang fiskal bagi pemerintah yang akan datang,” katanya dalam rapat kerja dengan XI di DPR RI, Rabu (6/5/2024).

Dengan adanya ruang fiskal, pemerintahan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka akan lebih leluasa menyempurnakan Rencana Kerja Pemerintah (RKP) dan APBN melalui APBN Perubahan (APBN-P). Lewat penurunan defisit, kata Suharso, pemerintah akan merasionalkan belanja negara serta memaksimalkan penerimaan negara.

Saat ini kedua hal itu sedang dirancang Pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Ia merujuk pasal 5 Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2007 tentang Rencana Pembangunan Jangka Panjang Nasional 2005-2025, yang menjelaskan bahwa pemerintahan saat ini RKP dan APBN pemerintahan baru.

Suharso menyampaikan pelaksanaan APBN-P pernah dilakukan Jokowi saat menggantikan Presiden pendahulunya Susilo Bambang Yudhoyono

“Itu juga ada peluang buat presiden terpilih untuk melakukan APBN-P. Ingat Pak Jokowi juga melakukan pada 2014 itu, untuk APBN 2015. Bahkan waktu itu pendek banget cuma 1 bulan. Saya kira ini juga sama,” tuturnya.

Menanggapi itu, Sri Mulyani merespons singkat dan menyebut hal tersebut akan dibahas lebih lanjut. “Ya nanti dibahas aja,” tutupnya.(Red)

Oh hi there 👋
It’s nice to meet you.

Sign up to receive awesome content in your inbox, every month.

We don’t spam! Read our privacy policy for more info.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments