Monday, June 17, 2024
HomeTNIPendampingan TNI Dalam Penanaman Jagung untuk Dukung Swasembada Pangan di Wilayah

Pendampingan TNI Dalam Penanaman Jagung untuk Dukung Swasembada Pangan di Wilayah

Media Inda Pos,Lumajang – Dalam upaya mendukung program pemerintah mewujudkan swasembada pangan, personel Koramil 0821/09 Candipuro melaksanakan pendampingan penanaman jagung di Dusun Krajan, Desa Sumberrejo, Kecamatan Candipuro, Jawa Timur pada Rabu (5/6/2024).

Kegiatan ini merupakan bagian dari upaya TNI untuk tidak hanya meningkatkan produksi pangan tetapi juga kesejahteraan masyarakat setempat.

Saat dikonfirmasi, Serka Novi Wahyu Santoso mengatakan, kegiatanya berkolaborasi dengan anggota Kelompok Tani (Poktan) Barokah Tani untuk menanam jagung di lahan seluas 0,6 hektar. Jagung yang ditanam merupakan varietas Pertiwi 3, yang dikenal memiliki produktivitas tinggi dan tahan terhadap berbagai kondisi cuaca. Lahan yang digunakan adalah milik, Darmuki, seorang anggota Poktan Barokah Tani

“Kegiatan ini merupakan bagian dari upaya satuan TNI mendukung program pemerintah yakni mewujudkan swasembada pangan pada komoditi jagung, mewujudkan swasembada pangan, serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat di wilayah,” kata Serka Novi.

Kolaborasi penanaman jagung tersebut bertujuan memberikan pendampingan teknis kepada para petani, mulai dari tahap persiapan lahan, penanaman hingga perawatan tanaman jagung. Diharapkan dengan adanya pendampingan bersama, para petani dapat mengoptimalkan hasil panen mereka dan turut serta mewujudkan ketahanan pangan nasional.

Ia juga mengatakan, bahwa TNI dalam berperan aktif sebagai fasilitator sekaligus motivator bagi para petani. Dengan kehadiran TNI, diharapkan para petani lebih termotivasi dan terarah dalam menjalankan aktivitas pertanian mereka. Program pendampingan juga diharapkan dapat menjadi contoh bagi daerah lain dalam upaya meningkatkan produksi pangan dan kesejahteraan masyarakat.

Sementara itu, pemilik lahan, Darmuki, menyatakan rasa terima kasihnya atas bantuan dan pendampingan TNI. Ia berharap dengan adanya program pendampingan Hanpangan di wilayah, sebagai pendukung produktivitas pertanian di desanya dapat meningkat dan kesejahteraan petani semakin membaik.

“Dengan pendampingan penanaman jagung ini tidak hanya sebagai pendorong semangat kami selaku petani dalam mendukung program pemerintah, tetapi juga memperlihatkan sinergi antara TNI dan masyarakat dalam mewujudkan swasembada pangan serta kesejahteraan bersama,” pungkasnya.(Red)

Oh hi there 👋
It’s nice to meet you.

Sign up to receive awesome content in your inbox, every month.

We don’t spam! Read our privacy policy for more info.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments