Tuesday, June 25, 2024
HomeInternationalWorldPria Bersenjata Lepas Tembakan ke Kedubes Amerika Serikat di Lebanon

Pria Bersenjata Lepas Tembakan ke Kedubes Amerika Serikat di Lebanon

Media Indo Pos,Beirut – Seorang pria bersenjata melepaskan tembakan ke arah gedung Kedutaan Besar (Kedubes) Amerika Serikat (AS) di Awkar, Lebanon, pada Rabu (5/6) waktu setempat. Pria bersenjata itu mengalami luka-luka setelah ditembak balik oleh tentara Lebanon yang bertugas di lokasi.

Seperti dilansir dari Reuters, Rabu (5/6/2024), militer Lebanon dalam pernyataannya menyebut personel militer membalas tembakan yang dilepaskan dari luar Kedutaan AS dan melukai pria bersenjata itu. Pria itu kemudian dibawa ke rumah sakit setempat untuk mendapatkan perawatan medis. Militer Lebanon mengatakan bahwa pria bersenjata itu merupakan seorang warga negara Suriah.

Tentara-tentara Lebanon kemudian melakukan pemeriksaan dan penggeledahan di area sekitar untuk menyelidiki apakah pria bersenjata itu memiliki kaki tangan.

Pihak Kedutaan Besar AS di Lebanon dalam pernyataannya menyebut tembakan senjata ringan dilepaskan di dekat pintu masuk kompleks kedutaan pada Rabu (5/6) pagi, sekitar pukul 08,34 waktu setempat.

Ditegaskan oleh Kedutaan Besar AS bahwa fasilitas dan para staf diplomatik dalam kondisi aman usai insiden tersebut.

“Tembakan senjata ringan dilaporkan di sekitar pintu masuk Kedutaan Besar AS,” demikian pernyataan Kedutaan Besar AS di Lebanon via media sosial X.

Motif di balik aksi penembakan itu belum diketahui secara jelas. “Penyelidikan sedang dilakukan dan kami melakukan komunikasi erat dengan penegak hukum di negara tuan rumah,” jelas Kedutaan Besar AS dalam pernyataannya.

Dalam pernyataan terpisah, sumber keamanan setempat mengatakan kepada media bahwa seorang anggota tim keamanan kedutaan mengalami luka-luka akibat tembakan itu, sedangkan tentara-tentara Lebanon di lokasi melukai si pelaku penyerangan dengan menembaknya di bagian perut.

Perdana Menteri (PM) Lebanon Najib Mikati menindaklanjuti situasi itu dengan melakukan koordinasi dengan Menteri Pertahanan Maurice Slim dan melakukan serangkaian panggilan telepon dengan komandan militer Lebanon, Josep Aoun dan kepala dinas keamanan.

Mikati diberitahu bahwa “situasinya stabil dan penyelidikan intensif telah mulai mengklarifikasi keadaan di balik insiden tersebut dan penangkapan semua orang yang terlibat”.

Utusan AS untuk Lebanon, Lisa A Johnson, diketahui sedang berada di luar negeri saat insiden itu terjadi.

Kedutaan Besar AS terletak di sebelah utara Beirut, tepatnya di zona yang sangat aman dengan pos pemeriksaan berlapis di sepanjang rute menuju pintu masuk. Misi diplomatik AS pindah ke area Awkar dari Beirut setelah terjadinya serangan bom bunuh diri tahun 1983 silam yang menewaskan lebih dari 60 orang.

Insiden penembakan semacam ini pernah terjadi pada September tahun lalu, ketika sejumlah tembakan dilepaskan di dekat gedung Kedutaan Besar AS, namun tidak ada laporan korban luka pada saat itu.(Red)

Oh hi there 👋
It’s nice to meet you.

Sign up to receive awesome content in your inbox, every month.

We don’t spam! Read our privacy policy for more info.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments