Monday, June 17, 2024
HomeHukum & KriminalKlaim Syahrul Yasin Limpo di Sidang, Ngaku Sudah Kontribusi Rp 2.400 Triliun...

Klaim Syahrul Yasin Limpo di Sidang, Ngaku Sudah Kontribusi Rp 2.400 Triliun ke Negara

Media Indo Pos,Jakarta – Mantan Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo (SYL) mengklaim sudah berkontribusi untuk negara senilai Rp 2.400 triliun setiap tahunnya. Karena itu, SYL mengaku tidak mungkin dia main-main seperti yang didakwakan jaksa KPK. Hal ini disampaikan SYL dalam sidang di Pengadilan Tipikor Jakarta, Rabu 5 Juni 2024. SYL mengaku menjalankan tugas dengan benar.

“Maafkan Yang Mulia, sebelum terakhir saya ada permohonan memang, saya sedikit saja. Saya berkontribusi pada negara ini Rp 2.400 triliun bapak setiap tahun. Dan Itu nanti saya jadi menterinya di atas Rp 20 ribu triliun. Jadi nggak mungkin main-main seperti ini bapak. Maafkan saya,” kata SYL dalam sidang.

SYL juga mengklaim telah menaikkan angka impor dan ekspor. Namun, dia menyebut namanya kini hancur imbas kasus dugaan gratifikasi dan pemerasan yang menjeratnya.

“Dan ini pernyataan dari Presiden pada 14 Agustus 2023 tentang pernyataan ini. Untuk impor dan ekspor saya naik Rp 275,15 trililun. Maaf saya perlu sampaikan ini. Saya di media hancur bapak,” ujar SYL.

Kasus SYL
Dalam sidang ini, SYL duduk sebagai terdakwa. Dia didakwa melakukan pemerasan dan menerima gratifikasi dengan total Rp 44,5 miliar. Perbuatan itu dilakukan bersama dua eks anak buahnya, yakni Sekjen Kementan nonaktif Kasdi dan Direktur Kementan nonaktif M Hatta. Kasdi dan Hatta diadili dalam berkas perkara terpisah.

Selain membayar gaji pembantu, para pejabat Kementan juga harus patungan untuk memenuhi berbagai kebutuhan SYL lainnya. Kebutuhan itu antara lain, sewa jet pribadi, umroh, perjalanan ke Brasil dan Amerika Serikat, hingga sapi kurban.

Selain patungan, pejabat di Kementan juga membuat perjalanan dinas fiktif. Uang dari perjalanan dinas fiktif itu dicairkan dan digunakan untuk memenuhi berbagai permintaan SYL.(Red)

Oh hi there đź‘‹
It’s nice to meet you.

Sign up to receive awesome content in your inbox, every month.

We don’t spam! Read our privacy policy for more info.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments