Sunday, June 16, 2024
HomeSportPengamat: Timnas Indonesia Harus Raih Poin Lawan Irak!

Pengamat: Timnas Indonesia Harus Raih Poin Lawan Irak!

Media Indo Pos,Jakarta – Pengamat sepakbola Mohamad Kusnaeni berharap Timnas Indonesia bisa mencuri poin melawan Irak. Garuda tidak perlu menunggu mengambil poin saat jumpa Irak.

Indonesia akan memainkan dua laga sisa Babak Kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 kontra Irak dan Filipina pada 6 dan 11 Juni 2024. Kedua laga itu akan diselenggarakan di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta.

Saat ini Indonesia menduduki posisi kedua Grup F dengan raihan tujuh poin hasil dari sekali kalah, sekali imbang, dan dua kali menang. Irak ada di posisi puncak dengan 12 poin, Vietnam di posisi ke-3 dengan tiga angka, dan Filipina di urutan terbawah dengan satu poin.

Itu artinya Indonesia butuh tiga poin tambahan untuk memastikan lolos sebagai runner-up. Sebab raihan posisi maksimal Vietnam adalah sembilan angka jika meraih dua kemenangan pada dua laga sebelumnya.

Dari dua laga sisa, Indonesia dianggap paling berpeluang mengambil tiga poin melawan Filipina. Tapi Kusnaeni berharap Indonesia juga bisa membuat kejutan melawan Irak sehingga tidak perlu menunggu mencari poin saat jumpa Filipina.

“Pertandingan melawan Irak sedapat mungkin harus dimanfaatkan Indonesia sebagai kesempatan meraih tiket ke kualifikasi Piala Dunia putaran ketiga. Tidak perlu menunggu sampai laga terakhir lawan Filipina nanti,” kata Kusnaeni kepada awaqk media, Kamis (6/6/2024).

“Momentumnya tepat karena kita bermain di depan puluhan ribu pendukung fanatik timnas. Selain itu, Irak sangat mungkin juga melakukan rotasi untuk memberi kesempatan kepada para pemain pelapisnya. Toh Iraq sudah lolos ke putaran ketiga,” ujarnya menambahkan.

Menurut Bung Kus, sapaannya, mengalahkan Irak bukan hal yang mustahil. Dan itu harus dimulai dari diri para pemain sendiri yakni para pemain harus punya kepercayaan diri bahwa mereka bisa menang.

Gambaran permainan timnas sudah terlihat pada babak pertama dalam laga lawan Tanzania. Menurutnya, seperti itulah kira-kira formasi dan cara main timnas nanti.

Lebih lanjut, Bung Kus menilai kehadiran Thom Haye dan Ivar Jenner membuat aliran bola timnas terlihat rapi dan mengalir dengan baik. Tinggal bagaimana meningkatkan kreativitas untuk lebih banyak menciptakan situasi berbahaya di area pertahanan lawan.

“Iraq juga memiliki serangan yang bagus dan pressing kolektif yang cukup merepotkan. Untuk itu, lini tengah harus bekerja lebih keras dengan lebih aktif membantu pertahanan dan rajin menjemput bola,” ucap Bung Kus.

“Meskipun (mungkin) tanpa Jay Idzes, saya optimis pertahanan kita masih cukup kuat. Ada Rizky Ridho di kanan, Jordi Amat di tengah, dan Justin Hubner di kiri yang bisa mengawal gawang Ernando,” tuturnya.

Selain kepercayaan diri, Bung Kus menilai bahwa kunci sukses Indonesia nanti adalah ketenangan. Pemain kita tidak perlu panik saat di-press oleh lawan, harus tetap tenang dan menjaga jarak agar tidak terlalu jauh antar lini.

“Pertandingan lawan Irak jelas tidak akan mudah, sekalipun Iraq tidak main full team. Tapi, kalau kita main bagus, kita masih punya peluang menang,” ujarnya mengakhiri.(Red)

Oh hi there đź‘‹
It’s nice to meet you.

Sign up to receive awesome content in your inbox, every month.

We don’t spam! Read our privacy policy for more info.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments