Tuesday, June 25, 2024
HomeTNIPentingnya 3M Dalam Pencegahan Demam Berdarah: Babinsa Yosowilangun Lor Berikan Edukasi

Pentingnya 3M Dalam Pencegahan Demam Berdarah: Babinsa Yosowilangun Lor Berikan Edukasi

Media Indo Pos,Lumajang – Dalam upaya mencegah penyebaran penyakit demam berdarah, Babinsa Yosowilangun Lor Koramil 0821/11 Yosowilangun Serda Dafit Murdianto bersama Bidan Desa Yosowilangun Lor Dian Pujiningtyas, S.ST., melaksanakan pendampingan kegiatan fogging puluhan rumah, yang bertempat di Dusun Jombang RT. 038/RW. 007, Desa Yosowilangun Lor, Kecamatan Yosowilangun Lor, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Kamis (6/6/2024).

Kegiatan yang digelar Puskesmas Yosowilangun tersebut dengan sasaran menyisir seluruh area pemukiman warga, mushollah termasuk selokan dan tempat yang berpotensi menjadi tempat berkembangbiaknya nyamuk. Selain fogging, juga melakukan sosialisasi kepada masyarakat tentang upaya pencegahan penularan DBD dengan program pemberantasan sarang nyamuk (PSN) dan penerapan 3M.

Pada kesempatan itu, Serda Murdianto mengatakan, bahwa langkah tersebut tidak akan efektif tanpa adanya partisipasi aktif dari masyarakat dalam menjaga kebersihan rumah, halaman dan lingkungan sekitar.

“Dengan kegiatan fogging saja tidak cukup jika tidak diikuti dengan tindakan pencegahan oleh warga. Kami terus mengimbau dan mengingatkan kepada warga akan pentingnya menjaga kebersihan lingkungan dan menerapkan 3M meliputi menguras, menutup dan mengubur barang-barang yang dapat menjadi tempat berkembang biaknya nyamuk. Menguras wadah yang sering menampung air, menutup rapat tempat penampungan air secara rutin,” tegas Serda Mardianto.

Sementara itu, Dian Pujiningtyas mengatakan, akan pentingnya edukasi berkelanjutan kepada masyarakat mengenai bahaya demam berdarah dan cara pencegahannya, dengan langkah-langkah sederhana yang sangat efektif dalam memutus rantai perkembangbiakan nyamuk.

“Kami berharap masyarakat semakin sadar dan aktif dalam menjaga kebersihan lingkungan sekitar. Kegiatan fogging ini adalah salah satu upaya kami, namun perilaku hidup bersih dan sehat tetap menjadi kunci utama pencegahan demam berdarah,” pungkasnya.

Ia menambahkan, bahwa kegiatan fogging yang digelar merupakan bagian dari program kesehatan masyarakat yang rutin dilakukan di Desa Yosowilangun Lor. Diharapkan dengan sinergi antara aparat desa, petugas kesehatan dan masyarakat, kasus demam berdarah dapat diminimalisir dan warga dapat hidup sehat dan bebas dari ancaman penyakit.(Red)

Oh hi there 👋
It’s nice to meet you.

Sign up to receive awesome content in your inbox, every month.

We don’t spam! Read our privacy policy for more info.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments